Teori Akuntansi

Teori adalah penalaran logis dari suatu pernyataan yang diyakini. Penalaran berasal dari hubungan sebab akibat yang bisa diyakini. Contohny...

Teori adalah penalaran logis dari suatu pernyataan yang diyakini. Penalaran berasal dari hubungan sebab akibat yang bisa diyakini. Contohnya adalah keyainan untuk mengkonsumsi air minum. Air minum harus dimasak sampai mendidih baru kita dapat meminumnya, mengapa demikian? Karena daya tahan tubuh terbatas, memasak air sampai mendidih tujuannya mengurangi kandungan bakteri. 
Teori akuntansi adalah cabang akuntansi yang terdiri dari pernyataan yang sistematik tentang prinsip dan metodologi yang membedakannya dengan praktek. Teori akan diterima apabila : pertama, mampu menjelaskan dan memprediksi. Kedua, pembentukannya baik secara ilmiah maupun empiris. Ketiga, terdapat dampak ilmiah, proses dan sosial secara keseluruhan. 
Teori akuntansi berisi keseluruhan analisis dan komponennya yang menjadi sumber acuan untuk menjelaskan dan memprediksi gejala atau peristiwa dalam akuntansi. Secara umum, fungsi utama dari teori akuntansi adalah memberikan kerangka pengembangan ide – ide baru dan membantu proses pemilihan akuntansi.

Perbedaan pandangan “Akuntansi sebagai konstruksi sosial” 
Pendekatan ini untuk penelitian umumnya digambarkan sebagai pendekatan ‘ilmiah’ dan merupakan pendekatan yang dominan saat ini digunakan oleh para peneliti di bidang akuntansi, khususnya di Amerika Serikat. Kritik pertama adalah bahawa penelitian statistik skala besar cenderung berjalan bersama-sama. Hipotesis berdasarkan harga atau survei pasar saham membuat banyak peneliti akuntansi jauh dari praktisi dunia. Beberapa peneliti menganjurkan fokus penelitian naturalis untuk mendapatkan pengetahuan tentang prilaku akuntansi dalam pengaturan alam. 
Cara biasa untuk melakukan penelitian naturalistik adalah dengan menggunakan studi kasus individu dan kerja lapangan yang terperinci. Maka dari itu hasilnya sulit digeneralisasi. Pendekatan naturalistik adalah pendekatan untuk menajwab apa yang sedang terjadi saat ini. 
Enam dasar asumsi ontologism:

Kategori 1-6 adalah cara alternatif untuk melihat dunia. Kategori 1 adalah pandangan objektivis yang ketat dari dunia. Kategori 1 mengasumsikan bahwa dunia nyata dan stabil, kategori 6 memandang dunia sebagai tidak stabil dan manusia-spesifik. Untuk kategori 1-3, lebih tepat untuk menggunakan pendekatan ilmiah. Dengan pengamatan dan pengukuran yang tepat, diasumsikan bahwa seseorang sudah tersedia, stabil dan biasanya sangat sederhana yang berkaitan dengan subset terisolasi dan kecil dari dunia sosial yang dapat digunakan untuk prediksi yang akurat.
Untuk kategori 4-6, Tomkins dan Gruves menunjukkan bahwa penelitian naturalistik atau eksplorasi lebih tepat.3 Ini kategori umumnya diberi label sebagai ‘interaksionis simbolis’. Interactionists simbolis melihat dunia mereka sebagai salah satu di mana orang membentuk kesan mereka sendiri yang terpisah melalui proses interaksi manusia dan negosiasi. Mereka percaya bahwa aksi sosial dan interaksi hanya mungkin melalui pertukaran interpretasi berbagi 'label' yang melekat pada orang-orang, hal-hal dan situasi. Realitas tidak diwujudkan dalam aturan penafsiran sendiri, tetapi hanya dalam arti bahwa hasil dari interpretasi masyarakat terhadap situasi dan peristiwa yang mereka alami. 
Penyajian perbandingan pendekatan ilmiah dan alamiah:

Pendekatan ilmiah diterapkan untuk akuntansi
Kesalahpahaman sering terjadi dimanapun tempatnya tidak terkecuali pada penerapan pendekatan ilmiah untuk akuntansi. Seorang akuntan yang percaya pada pendekatan ilmiah ingin mengetahui bukti empiris dan penjelasan logis untuk mendukung praktik akuntansi sehingga praktisi dapat merekomendasikan metode yang paling sesuai untuk situasi yang diberikan berdasarkan bukti tersebut. Seseorang menemukan pernyataan yang lebih meyakinkan ketika didukung secara obyektif, bukti empiris dari pernyataan berdasarkan rasionalisasi hanya bisa diperdebatkan. Bahkan, akuntan sering tidak yakin tentang keabsahan apa yang diarahkan pada mereka untuk meresepkan.
Kesalahpahaman umum  lain tentang penerapan pandangan ilmiah dalam akuntansi adalah bahwa ‘kebenaran mutlak’ yang diinginkan, yang tentu saja tidak mungkin. Oleh karena itu berpendapat bahwa itu adalah sia-sia untuk mencari apa yang tidak mungkin. Argumen seperti itu didasarkan pada kesalahpahaman bahwa ilmu pengetahuan mengetahui kebenaran mutlak. Metode ilmiah yang tidak sempurna. Ini adalah penemuan manusia untuk membantu kami memastikan apakah pernyataan harus dianggap benar atau tidak. 
Struktur dari proses di mana penentuan ini dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada yang dapat mengklaim kebenaran mutlak dalam ilmu pengetahuan. Dengan demikian, kebenaran ilmiah bersifat sementara. Sebuah pernyataan atau teori keuntungan status `kebenaran ‘hanya setelah para ilmuwan di daerah dari mana teori berkembang memutuskan bahwa bukti cukup persuasif. Sejarah ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa substitusi, penyesuaian dan modifikasi dari teori yang dibuat terang dalam bukti baru. 
---------------------
Daftar Pustaka
Godfrey, Jayne M., Allan Hodgson, Ann Tarca, Jane Hamilton, dan Scott Holmes, 2010. Accounting Theory, 7th Edition, John Wiley & Sons Australia, Ltd, Milton Old 4064

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Teori Akuntansi
Teori Akuntansi
https://1.bp.blogspot.com/-0FRdD4vJrK4/XRotsSLCQbI/AAAAAAAAKbY/_S47-SxsQNoDALOb5F7XFID-9ZFyetCJwCPcBGAYYCw/s400/2019-07-01_224746.png
https://1.bp.blogspot.com/-0FRdD4vJrK4/XRotsSLCQbI/AAAAAAAAKbY/_S47-SxsQNoDALOb5F7XFID-9ZFyetCJwCPcBGAYYCw/s72-c/2019-07-01_224746.png
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/teori-akuntansi.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/teori-akuntansi.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy