Teori Akuntansi : Rerangka Konseptual Akuntansi

Rerangka konseptual akuntansi adalah suatu sistem yang menunjukkan keterkaitan tujuan dan fundamental yang diharapkan dapat digunakan dalam...

Rerangka konseptual akuntansi adalah suatu sistem yang menunjukkan keterkaitan tujuan dan fundamental yang diharapkan dapat digunakan dalam pembentukan standar yang konsisten yang mampu menjelaskan arti, tujuan, keterbatasan akuntansi dan pelaporan. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih baik mengapa standar dibentuk.  Rerangka konseptual berisi apa, mengapa dan bagaimana akuntansi itu diperlukan untuk menentapkan informasi apa yang seharusnya disajikan untuk memenuhi kebutuhan stakeholder. Standar akuntansi sebagai pedoman, harus konsisten dan logis.
Komponen yang membentuk rerangka konseptual dianyaranya:
1.      Definisi laporan keuangan dan pelaporan keuangan
2.      Definisi pelaporan badan usaha
3.      Tujuan
4.      Fundamental yang terdiri dari karakteristik kualitatis dan elemen laporan keuangan
5.      Operasional yang terdiri dari dasar pengakuan dan pengukuran
6.      Teknik pengukuran

Manfaat rerangka konseptual yang dinyatakan dalam Australian Standard Setter, diantaranya :
a.       Sulit untuk menghindaran pajak bagi perusahaan
b.      Tidak memerlukan standar yang spesifik
c.       Penyaji laporan keuangan dan auditor memiliki pedoman yang lebih jelas
d.      Tidak akan ada perdebatan tentang pedoman dalam penyusunan atau audit laporan keuangan

Tujuan utama pelaporan keuangan dalam rerangka konseptual SFAC No. 1 Pelaporan keuangan diharapkan memberikan informasi yang bermanfaat bagi investor dan kreditor dan pemakai lainnya untuk pengambilan keputusan investasi, kredit dan keputusan yang sejenis. Informasi harus bermanfaat untuk :
a)    Pengambilan Keputusan Ekonomik
Membantu kreditur dan investor potensial agar bersedia bekerja sama dengan perusahaan.Contohnya adalah, Investor : jika kinerja perusahaan bagus maka keuntungan naik. Pemegang saham tidak mau melepas sahamnya, maka yang ditawarkan sedikit, permintaan banyak, maka mengakibatkan harga saham naik.
Kreditor : dilihat dari kemampuan perusahaan dalam mengembalikan utangnya, yang dilihat dari likuiditas (kemampuan perusahaan untuk mengembaikan utang jangka pendek), profitabilitas (kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba) dan struktur modalnya.
b)    Prospek Arus Kas
     Memprediksi aliran kasa yang masuk atau keluar di masa yang akan datang, untuk mengetahui apakah laba akan bagus dan dapat melunasi utangnya, karena keputusan yang diambil sekarang akan memberikan efek di masa yang akan datang.
c)    Sumberdaya dan Klaim dan Perubahannya
Menjelaskan tentang hak atas sumberdaya perusahaan, dan klaim atas sumberdaya serta transaksi mengenai sumberdaya.

SFAC no 2 tentang karakteristik kualitas informasi akuntansi. SFAC no. 2 yntuk memenuhi tujuan dalam SFAC no. 1.
Pemakai informasi akuntansi adalah pengambil keputusan (kreditor dan investor), pemakaian informasi ini digunakan untuk pengambilan keputusan terkait prospek dimasa yang akan datang. Kreditor dan investor mempunyai pemahaman organisasi, mempunyai pengalaman teknis mengenai akuntansi, dan sudah memiliki pengalaman dimasa lalu. 
Dalam karakteristik informasi memiliki batasan yaitu manfaat harus lebih besar dari pengorbanan (biaya), dalam melakukan tindakan pengorbanan bisa diterima sejauh manfaat lebih besar. Agar berguna dalam pengambilan keputusan (decision usefulness), informasi akuntansi harus memiliki dua kualitas yaitu kualitas primer dan kualitas sekunder. Tentu saja terdapat beberapa kendala untuk mencapai dua kualitas tersebut.

Kualitas primer yang diperlukan dalam pengambilan keputusan adalah:
a)  Relevance : Sesuai dengan tujuan, batasan waktu, kemampuan prediksi, nilai umpan balik. Informasi  yang relevan harus memiliki nilai umpan balik (feed-back value), yakni mampu membantu menjustifikasi dan mengoreksi harapan masa lalu. Informasi juga harus memiliki nilai prediktif (predictive value) yakni dapat digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. kualitas relevan juga harus mempunyai substansi tepat waktu (timeliness). Informasi harus disajikan kepada para pemakai sebelum informasi itu kehilangan kapasitasnya untuk mempengaruhi pengambilan keputusan.
b) Reliability : Dapat diandalkan, dapat diperiksa, bersifat netral, disajikan dengan semestinya/seharusnya. Daya Uji (verifiability), ditunjukkan ketika pengukur-pengukur independen, dengan menggunakan metode pengukuran yang sama, mendapatkan hasil yang serupa. Ketepatan penyajian (representational faithfulness), angka-angka dan penjelasan dalam laporan keuangan mewakili apa yang benar-benar ada dan terjadi. Netralitas(neutrality), informasi tidak dapat dipilih untuk kepentingan sekelompok pemakai tertentu. Info yang disajikan harus faktual, benar dan tidak bias.

Karakteristik kedua yang diperlukan pengambil keputusan:
a) Dapat diperbandingkan : Informasi tersebut dapat dibandingkan dengan perusahaan lain, baik antar waktu dan antar aspek sehingga diperlukan konsistensi.
Dasar Pengakuan:
• Materiality : informasi yang cukup signifikan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan.
---------------------
Daftar Pustaka
Godfrey, Jayne M., Allan Hodgson, Ann Tarca, Jane Hamilton, dan Scott Holmes, 2010. Accounting Theory, 7th Edition, John Wiley & Sons Australia, Ltd, Milton Old 4064

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Teori Akuntansi : Rerangka Konseptual Akuntansi
Teori Akuntansi : Rerangka Konseptual Akuntansi
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/teori-akuntansi-rerangka-konseptual.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/teori-akuntansi-rerangka-konseptual.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy