Teori Akuntansi : Pengembangan rerangka konseptual

Principles based  approaches adalah Standar yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan sudah ditentukan sebelumnya atau...

Principles based  approaches adalah Standar yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan sudah ditentukan sebelumnya atau sesuai dengan rerangka konseptual yang sudah disepakati secara internasional. Contohnya adalah IFRS, karena IFRS berlaku umum maka dibutuhkan penjelasan atau disclousure.
a. Keunggulan Principles based  approaches; 
• Mudah berinteraksi dengan stakeholder, karena kesamaan prinsip maka stakeholder dapat dengan mudah mematuhi informasi yang didapat dari perusahaan. 
• Mudah mendapat dana dari investor di Negara manapun karena mereka mampu memahami laporan keuangan yang kita buat.
b. Kelemahan Principles based  approaches: Karna berlaku umum, maka belum tentu cocok diberlakukan di setiap Negara, sehingga membutuhkan kebijakan untuk adjustment dan peraturan-peraturan tertentu.

Rules based approaches adalah pembentukan standar yang dilakukan berdasarkan aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku sehinggan menyebabkan standar yang berbeda di setiap Negara. Mempertimbangkan lingkungan dimana akuntansi berada. Contohnya adalah PSAK di Indonesia. Standar berbeda, menghasilkan standar yang lebih rinci jadi tidak perlu penjelasan/disclousure.
a. Keunggulan Rules based approaches:
• Tidak perlu menyesuaikan dengan Negara lain
• Lebih cepat menyesuaikan di Negara tempat berada, karna sesuai dengan lingkungan setempat.
b. Kelemahan Rules based approaches: 
• Perlu penyesuaian untuk melakukan interaksi dengan Negara lain.
• Mengalami keterbatasan apabila ingin go internasional karena laporan keuangan tersebut harus di sesuaikan dengan standar internasional dan itu membutuhkan biaya yang besar.

Dalam banyak hal penekanan dalam pembuatan keputusan berdampak pada penggunaan current value. Jika memungkinkan, pengguna akan memiliki informasi actual tentang peristiwa-peristiwa masa depan yang akan mempengaruhi perusahaan. Namun demikian kita hanya dapat memprediksi peristiwa-peristiwa tersebut.
Pendekatan teori keputusan dalam akuntansi berguna dalam menguji akuntansi apakah telah mencapai targetnya. Teori harus berperan sebagaimana standar dimana praktik akuntansi akan diterapkan. Proses dari teori keputusan dapat di gambarkan sebagai berikut, arah panah menunjukkan output dari teori, sistem atau model. Teori dengan pendekatan pengambilan keputusan berkaitan dengan tanggungjawab perusahaan mengelola dana investor dan kreditor. Standar akuntansi sebagai dasar pengujian akuntansi dan dapat digunakan sebagai prediksi model keputusan yang digunakan.

Kritik terdapat kegiatan pembentukan rerangka konseptual
Terdapat 2 kritik :
1.      Kritik ilmiah, seharusnya setiap tindakan dijelaskan penalaran logis (sebab-akibat)
2.      Kritik deskriptive dan non operasional, terkadang rerangka konseptual tidak sesuai dengan keyataan yang terjadi dilapangan.
---------------------
Daftar Pustaka
Godfrey, Jayne M., Allan Hodgson, Ann Tarca, Jane Hamilton, dan Scott Holmes, 2010. Accounting Theory, 7th Edition, John Wiley & Sons Australia, Ltd, Milton Old 4064

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Teori Akuntansi : Pengembangan rerangka konseptual
Teori Akuntansi : Pengembangan rerangka konseptual
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/teori-akuntansi-pengembangan-rerangka.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/teori-akuntansi-pengembangan-rerangka.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy