Pusat Laba unit-unit Fungsional

Subunit dalam unit bisnis dapat saja terorganisasi secara fungsional. Terkadang lebih mudah untuk membuat satu atau lebih unit fungsional s...

Subunit dalam unit bisnis dapat saja terorganisasi secara fungsional. Terkadang lebih mudah untuk membuat satu atau lebih unit fungsional sebagai pusat laba. Tidak ada prinsip tertentu yang menyatakan bahwa jenis unit tertentu merupakan pusat laba sementara yang lain bukan. Keputusan pihak manajemen untuk pusat labanya haruslah berdasarkan besarnya pengaruh (bahkan jika bukan pengendalian total) yang dilaksanakan oleh manajer bisnis terhadap aktivitas yang mempengaruhi laba.
1.  Pemasaran
Aktivitas pemasan dapat dijadikan sebagai pusat laba dengan membebankan dari produk yang terjual. Harga transfer memberikan informasi yang relefan bagi bagian pemasaran untuk membuat trade-off  pendapatan/pengeluaran yang optial dan praktik standar untuk mengukur manajer pusat laba berdasarkan berdasarkan profitabilitasnya akan memberikan evaluasi terhadap trade-off. Harga transfer dibebankan ke pusat laba harus berdasarkan biaya standar bukan biaya actual dari produk yg terjual. Dengan menggunakan biaya standar terjadi pemisahan kinerja biaya pemasaran dan biaya produksi  hal ini mempengaruhi perubahan tingkal efisiensi yang berada diluar kendali manajemen.
2.  Produksi
Aktivitas produksi merupakan pusat beban, manajemen dinilai berdasarkan kinerja biaya standar versus biaya anggaran overhead. Tapi ukuran ini tidak mengidentifikasikan sejauh mana kinerja manajemen atas seluruh aspek dari pekerjaannya. Sebagai contoh :
a. Seorang manajer lalai melaksanakan pengendalian mutu, mengirim produk dengan kualitas inferior dalam rangka mendapatkan nilai dari biaya standar.
b. Seorang manajer  enggan untuk menginterupsi jadwal guna memproduksi pesanan darurat dalam mempengaruhi permintaan konsumen.
c. Seorang manajer diukur dengan standar yang ada dapat saja kurang termotivasi untuk memperoleh produk-produk yang sulit dibuat atau untuk meningkatkan standar itu sendiri. 
Maka dari itu kinerja produksi diukur tterhadap biaya standar yang dianjurkan untuk membuat evaluasi yang terpisah atas aktivitas-aktivitas pengendalian mutu, penjadwalan produk dan keputusan jual atau beli.
3.  Unit jasa dan pendukung
Unit pemeliharaan, tehnologi informasi, transportasi, tehnik, konsultan, layanan konsumen dan aktivitas pendukung sejenis dapat dijadikan sebagai pusat laba. Ketika jasa dikelola sebagai pusat laba para manajer termotivasi untuk mengendalikan biaya supaya konsumen tidak lari. Sementara manajer unit termotivasi untuk membuat keputusan mengenai apakah jasa yang diterima sesuai denga harganya. 
-------------
Daftar Pustaka 
Anthony, Robert N. and Vijay Govindarajaan. Management Control System, 11th Ed. Irwin: Mc Graw Hill, 2005 

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pusat Laba unit-unit Fungsional
Pusat Laba unit-unit Fungsional
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/pusat-laba-unit-unit-fungsional.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/pusat-laba-unit-unit-fungsional.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy