Pendekatan dalam penilaian saham

Analsisi fundamental yang sering digunakan dalam penilaian saham adalah discounted cash flow techniques, earnings multiples, dan relative v...

Analsisi fundamental yang sering digunakan dalam penilaian saham adalah discounted cash flow techniques, earnings multiples, dan relative valuation techniques yang akan dibahas secara terpisah.

Discounted cash flow techniques (DCF)
Estimasi nilai saham saat ini (nilai intrinsik) dengan analisis PV. DCF model memperkirakan nilai sekuritas by discounting merupakan aliran kas masa depan yang diharapkan mengalir kembali ke masa kini dan ditambahkan nilai keduanya.Untuk menggunakan model ini, investor harus mempertimbangkan:
1. memperkirakan jumlah dan waktu arus kas masa depan
2. perkiraan tingkat diskon yang sesuai
3. menggunakan dua komponen ini dalam PV untuk memperkirakan nilai intrinsik sekuritas, yang kita tunjukkan sebagai V0, dan kemudian membandingkan V0 dengan harga pasar terkini
Ada dua pendekatan yang berbeda untuk arus kas dan discount rate yang digunakan dalam penilaian saham:
1. nilai ekuitas perusahaan, menggunakan tingkat pengembalian untuk para pemegang saham
2. nilai seluruh perusahaan, menggunakan biaya rata-rata tertimbang modal.

The Deviden Discount Model (DDM)
Digunakan sebagai dasar untuk menilai harga saham biasa dengan dengan menggunakan teknik discounted cash flow. The required rate of return merupakan minimun return yang diharapkan untuk menginduksi investor untuk membeli suatu saham pada risiko tertentu. DDM dioperasionalkan dengan memperkirakan pertumbuhan harga yang diharapkan dalam aliran dividen. Rate case Keterbatasan Model Tingkat Pertumbuhan Konstan. Keterbatasan DDM yaitu nilai yang diperkirakan sangat sensitif terhadap input yang digunakan.

Perbedaan estimasi nilai saham menunjukkan mengapa harga saham terus berfluktuasi karena investor membuat keputusan membeli dan menjual. Banyak perkiraan nilai yang berbeda akan diperoleh karena hal-hal berikut:
1. Setiap investor memiliki tingkat pengembalian yang diminta, menghasilkan rentang nilai yang relatif luas dari k.
2. Setiap investor memiliki perkiraan sendiri tentang tingkat pertumbuhan yang diharapkan dalam dividen

Growth Rate Cases For the DDM
The zero growth rate case
Model ini mengasumsikan pertumbuhan jangka pendek pada tingkat cepat untuk beberapa periode (biasanya, 2 hingga 10 tahun) diikuti oleh tingkat pertumbuhan jangka panjang yang stabil yang berkelanjutan. Perkiraan nilai saham yang berasal dari model pertumbuhan konstan pada awal periode n + 1 disebut dengan Vn. Vn adalah nilai estimasi stok pada akhir periode n (awal periode n + 1), maka harus didiskontokan kembali ke masa sekarang. Ketika ditambahkan ke nilai dividen diskon dari semester pertama, sehingga didapat perkiraan nilai saham sekarang.
The Constant (normal)growth rate case
Asumsi model pertumbuhan konstan dari diskon dividen (DDM) apabila:
Pasar menurunkan tingkat pengembalian yang diminta untuk suatu saham, nilai yang diperkirakan akan naik.
Investor memutuskan pertumbuhan yang diharapkan dalam dividen akan lebih tinggi sebagai hasil dari beberapa pengembangan yang menguntungkan bagi perusahaan, nilai yang diperkirakan juga akan naik.
Keterbatasan Model Tingkat Pertumbuhan Konstan. Keterbatasan DDM yaitu nilai yang diperkirakan sangat sensitif terhadap input yang digunakan. Perkiraan yang digunakan oleh investor.
The Multiple growth
Multiple-Growth merupakan model variasi DDM yang dapat mengatasi permasalahan perusahaan yang tidak dapat diselesaikan oleh model constant-growth. Multiple growth didefinisikan sebagai situasi di mana pertumbuhan masa depan perusahaan diharapkan dalam dividen perlu dijelaskan menggunakan dua atau lebih tingkat pertumbuhan. Karakteristik yang membedakan dari berbagai situasi pertumbuhan adalah setidaknya dua tingkat pertumbuhan yang berbeda terlibat, salah satunya bisa nol. Model ini sangat sensitif terhadap input. Karena sebagian besar model melibatkan perhitungan laju pertumbuhan konstan, mengubah salah satu parameter jelas akan berdampak pada estimasi akhir nilai. Cukup sulit untuk menentukan panjang periode pertumbuhan abnormal. Model seperti yang dijelaskan di atas mengasumsikan transisi segera dari pertumbuhan yang tidak biasa ke pertumbuhan yang konstan, sementara dalam kenyataannya transisi mungkin tidak terjadi dengan cepat. Pada prinsipnya, investor mendapatkan perkiraan nilai yang sama saat:
a) Hanya aliran dividen yang diharapkan akan dibayarkan pada saham, atau
b) Kombinasi dividen untuk beberapa periode dan terminal price yang diharapkan

Intrinsic value and Market price
Nilai intrinsik adalah perkiraan nilai saham saat ini, dari memperkirakan dan mendiskontokan arus kas masa depan (V0) dari aset dan harga pasar saat ini (CMP)
Jika V0> CMP, aset tersebut undervalued dan harus dibeli
Jika V0 <CMP, aset tersebut dinilai terlalu tinggi dan harus dihindari, dijual jika sudah dimiliki
Jika V0 = CMP, ini berarti keseimbangan dalam aset tersebut dihargai dengan benar
Investor percaya bahwa nilai saham tdak selalu berada pada nilai instrinsik, sehingga menciptakan peluang untuk membeli atau menjual
------------------
Daftar Pustaka 
Jones, Charles P., 2013, Investment, 12th Edition, John Wiley & Son. Chapter 10.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pendekatan dalam penilaian saham
Pendekatan dalam penilaian saham
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/pendekatan-dalam-penilaian-saham.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/pendekatan-dalam-penilaian-saham.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy