Kegagalan Impementasi CRM (Customer Relationship Management)

Dalam kesempatan ini akan dibahas tentang kegagalan serta cara untuk menghindari kegagalan agar perusahaan dapat mengimplementasikan CRM (Cu...

Dalam kesempatan ini akan dibahas tentang kegagalan serta cara untuk menghindari kegagalan agar perusahaan dapat mengimplementasikan CRM (Customer Relationship Management) sehingga perusahaan mendapatkan manfaat dari implementasi CRM. 

Kegagalan dalam implementasi CRM
1. Tidak adanya rencana bisnis yang berkualitas
2. Mengabaikan human factor
3. Memandang CRM sebagai inisiatif teknologi
4. Kurangnya fokus pelanggan
5. Gagal untuk merekayasa ulang proses bisnis
6. Lemahnya komunikasi antar sesama pihak yang terlibat dalam CRM
7. Kurangnya sumber daya dalam mengoperasikan software CRM
8. Kurangnya apresiasi atas nilai seumur hidup pelanggan
9. Kurangnya dukungan dari manajemen top
10. Meremehkan tantangan dalam integrasi data

Cara menghindari kegagalan dalam implementasi CRM
1. Perencanaan bisnis yang matang.
2. Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM.
3. Melakukan survei untuk menentukan bagaimana perusahaan merespons pelanggan.
4. Mempertimbangkan dengan hati-hati empat komponen CRM : penjualan, layanan, pemasaran, dan manajemen saluran/ kemitraan.
5. Menyurvei bagaimana pencapaian CRM diukur ; menggunakan metrik yang telah ditetapkan sebelumnya. Memastikan kualitas, bukan kuantitas, yang dibahas.
6. Mempertimbangkan bagaimana perangkat lunak CRM dapat membantu secara langsung tujuan perusahaan.
7. Memutuskan strategi : memperbaiki proses CRM yang ada, atau merekayasa ulang CRM.
8. Mengevaluasi semua tingkat dalam perusahaan terutama para staf kantor depan, layanan lapangan, dan tenaga penjualan.

Selengkapnya klik terkait pengantar CRM, Tujuan dan manfaat, Peluang dan Implementasi,  yang akan dibahas secara terpisah.
-------------------
Daftar Pustaka
Kenneth . C. Laudon (2004). Sistem Informasi Manajemen – Mengelola Perusahaan Digital, Kenneth c. laudon, Jane. p. laudon, Edisi 10, Penerbit:Salemba Empat

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Kegagalan Impementasi CRM (Customer Relationship Management)
Kegagalan Impementasi CRM (Customer Relationship Management)
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/kegagalan-impementasi-crm-customer.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/kegagalan-impementasi-crm-customer.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy