Harga transfer berdasar Kos

Jika harga kompetitif tidak tersedia maka harga transfer dapat ditentukan berdasarkan biaya ditambah laba, meskipun harga transfer ini begi...

Jika harga kompetitif tidak tersedia maka harga transfer dapat ditentukan berdasarkan biaya ditambah laba, meskipun harga transfer ini begitu rumit dan hasilnya kurang memuaskan dibandingkan harga berdasar pasar. Dua keputusan yang harus dibuat dengan sistem harga transfer berdasarkan biaya adalah; bagaimana menentukan besarnya biaya dan bagaimana menghitung mark up laba.
•   Cost basis
Dasar yang umum adalah biaya standar. Biaya aktual tidak boleh digunakan karena faktor inefisiensi produksi akan diteruskan ke pusat laba pembelian. Jika biaya standar yang digunakan maka dibutuhkan suatu insentif untuk menetapkan standar yang ketat untuk meningkatkan standar tersebut.
•  Mark up Laba
Dalam menghitung mark up laba terdapat dua keputusan yaitu apa dasar mark up tersebut dan tingkat laba yang diperoleh. Dasar yang paling mudah digunakan adalah presentase laba. Namun jika dasar tersebut digunakan makan tiodak ada pertimbangan atas modal yang diperlukan. Dasar konsep lebih baik adalah persentase investasi, untuk menghitung investasi yang akan dikenalkan ke setiap produk yang dihasilkan dapat menimbulkan permasalahan teknis. Jika menggunakan histori suatu aktiva, maka fasilitas baru yang dirancang untuk menggurangi harga secara aktual dapat meningkatkan biaya karena aktiva yang lama dinyatakan terlalu rendah.
Masalah kedua, dalam penyisihan laba adalah besarnya jumlah laba persepsi manajemen senior atas kinerja keuangan suatu pusat laba akan dipengaruhi oleh laba yang ditunjukkan oleh pusat laba tersebut. Konsekuensi konseptualnya adalah membuat penyisihan laba bersadarkan investasi yang dibutuhkan untuk memenuhi volume yang diminta oleh pusat laba pembelian. Nialai investasi tersebut dihitung pada tingkat standar dengan aktiva tetap dan persediaan pada tingkat biaya penggantian.

Lebih efisien divisi A  jika dilihat dari biaya standar kali biaya sesungguhnya. Harga transfer akan lebih rendah dan fair jika menggunakan biaya sesungguhnya.
•  Upstream fixed cost and profit
Penetapan harga transfer dapat menimbulkan permasalahan yang cukup serius dalam perusahaan yang terintegrasi. Pusat laba pada akhirnya menjual produk ke pihak luar mungkin tidak menyadari jumlah biaya tetap dan laba bagian hulu yang terkandung did ala harga pembelian internal. Jika pusat laba terakhir menyadari adanya biaya tetap dan laba tersebut,pusat laba mungkin enggan untuk mengurangi labanya guna mengoptimalkan laba perusahaan. Metode-metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara:
 Kesepakatan antar unit bisnis
Beberapa perusahaan membuat mekanisme formal dimana wakil-wakil dari unit pembelian dan penjualan bertemu secara berkala untuk memutuskan harga pennjualan ke pihak luar dan pembagian laba untuk produk-produk dengan biaya tetap dan laba bagian hulu yang signifikan. Mekanisme ini hanya bekerja bila proses peninjauannya terbatas pada keputusan-keputusan yang melibatkan jumlah bisnis yang signifikan bagi paling tidak satu pusat laba; sebab jika tidak demikian negosiasi akan sia-sia.
 Dua tahap penentuan harga
Cara lain untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan metide harga transfer dua tahap penentuan harga. Pertama, setiap unit terjual, pembebanan dilakukan dalam jumlah yang sama dengan biaya variable standar produksinya. Kedua, pembebanan biaya berkala (setiap bulan biasanya) dilakukan dalam jumlah yang sama dengan biaya tetap yang berkaitan dengan fasilitas yang disediakan untuk unit pembelian.
Beberapa hal ini yang harus dipertimbangkan dalam menerapkan metode ini:
1. Pembebanan biaya per bulan untuk biaya tetap dan laba harus dinegosiasikan secara berkala dan bergantung dari kapasitas yang digunakan oleh unit pembelian.
2. Keputusan mengenai jumlah kapasitas yang disediakan untuk berbagai produk harus dipertimbangkan.
3. Dengan sistem ini, kinerja laba dari unit produksi tidak dipengaruhi volume penjualan dari unit final.
4. Mungkin terdapat konflik antara kepentingan dari unit bisnis produksi dengan kepentingan perusahaan.
5. Metode ini mirip dengan penentuan harga”take or pay”yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan secara umum, saluran pipa, dan tambang batu bara serta dalam kontrak jangka panjang lainnya.
 Berbagi laba
Jika sistem dua tahap penentuan harga tidak dapat dilakukan maka sistem pembagian laba dapat digunakan untuk memastikan keselarasan antara kepentingan unit usaha dan perusahaan. Sistem tersebut beroprasidengan dua cara sebagai berikut:
1.  Produk tersebut ditransfer ke unit pemasaran pada biaya variable standar.
2. Setelah produk itu terjual, unit-unit usaha membagi kontribusi yang dihasilkan, yang merupakan harga penjualan dikurangi biaya variable produksi dan pemasaran.
Metode ini mungkin tepat jika permintaan akan  produk yang dihasilkan tidak cukup stabil untuk menjamin lokasi fasilitas secara permanen, seperti dalam metode dua tahap. Metode ini membuat kepentingan pemasaran selaras dengan kepentingan perusahaan.
Metode ini akan menimbulkan beberapa masalah teknis:
1.  Mungkin saja terdapat argument mengenai cara pembagian kontribusi antara dua pusat laba dan manajemen senior akan turun tangan untuk menangani masalah tersebut.
2. Pembagian pusat laba antara pusat laba secara arbiterer tidak memberikan informasi mengenai profitabilitas dari masing-masing pusat laba.
3.Karena kontribusi yang ada tidak akan dialokasikan sampai penjualan selesai dilakukan, maka kontribusi unit produksi bergantung pada kemampuan unit pemasaran untuk menjual pada harga penjualan aktual.
•    Dua set harga
Dalam metode ini, pendapatan unit bisnis akan dikreditkan pada harga jual ke luar dan unit pembelian dibebankan dengan total biaya standar. Selisih beban ke dalam akun kantor pusat dan dieleminasi ketika laporan keuangan unit usaha dikonsolidasikan. Metode penentuan harga transfer ini terkadang digunakan ketika ada konflik antara unit pembelian dan penjualan tidak  dapat diselesaikan oleh metode lain. Jadi, dalam metode ini unit penjualan dan pembelian sama-sama mendapatkan manfaat.
Kelemahan metode ini adalah:
1.   Jumlah laba unit usaha akan lebih besar dari laba perusahaan secara keseluruhan..
2.  Sistem ini menciptakan suatu ilusi bahwa unit usaha menghasilkan uang, sementara kenyataanya perusahaan secara keseluruhan mengalami kerugian karena debit dari kantor pusat laba.
3.  Sistem ini dapat memicu unit usaha untuk hanya berkonsentrasi pada transfer internal karena terpaku pada markup yang bagus dengan mengorbankan penjualan diluar.
4. Ada tambahan pembukuan yang terlibat dalam pendebitan akun kantor pusat setiap kali ada transfer dan kemudian dieleminasi atas akun ini ketika laporan keuangan unit usaha dikonsolidasi.
5.   Konflik antara unit bisnis akan berkurang dalam sistem tersebut dapat dilihat sebagai kelemahan.
-------------------
Daftar Pustaka
Sugiri, S. (2009). Akuntansi Manajemen Sebuah Pengantar. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Harga transfer berdasar Kos
Harga transfer berdasar Kos
https://1.bp.blogspot.com/-n4HhZHmS_74/XRr94crMMVI/AAAAAAAAKbw/y4H9Ank4qeQDfWhY2SIm5NspgTltZk4MwCPcBGAYYCw/s640/2019-07-02_133946.png
https://1.bp.blogspot.com/-n4HhZHmS_74/XRr94crMMVI/AAAAAAAAKbw/y4H9Ank4qeQDfWhY2SIm5NspgTltZk4MwCPcBGAYYCw/s72-c/2019-07-02_133946.png
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/harga-transfer-berdasar-kos.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/harga-transfer-berdasar-kos.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy