CRM (Customer Relationship Management)

CRM adalah pengembangan dan pemeliharaan yang saling menguntungkan dalam hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang strategis dan signifi...

CRM adalah pengembangan dan pemeliharaan yang saling menguntungkan dalam hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang strategis dan signifikan. CRM menangkap dan mengintegrasikan data pelanggan dari seluruh organisasi, mengumpulkan data, menganalisis data, dan kemudian mendistribusikan hasilnya ke berbagai sistem dan titik kontak pelanggan di seluruh perusahaan.  Touch Point (juga dikenal sebagai Contact Point) adalah metode interaksi dengan pelanggan, seperti telepon, e-mail, meja layanan pelanggan, surat konvensional, Facebook, Twitter, situs Web, perangkat nirkabel, atau toko eceran. 

CRM OPERASIONAL 
1. Berhubungan dengan fungsi bisnis biasa 
2. Melibatkan aplikasi yang berhadapan dengan pelanggan 
CRM ANALITIS 
1. Melibatkan berbagai aktivitas 
2. Meliputi aplikasi untuk menganalisis data pelanggan 
CRM KOLABORATIF 
1. Berhubungan dengan semua komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang dibutuhkan dengan penjualan dan pelanggan 

Software CRM 
1. Sales Force Automation 
Sales Force Automation (SFA) pada sistem CRM membantu staf penjualan meningkatkan produktivitasnya dengan memfokuskan usaha penjualan kepada pelanggan yang paling menguntungkan. 
2. Layanan pelanggan 
Layanan pelanggan pada system CRM menyediakan informasi dan alat untuk meningkatkan efisiensi para staf di pusat panggilan, pusat bantuan, dan pusat dukungan pelanggan. 
3. Pemasaran 
Sistem CRM mendukung pemasaran langsung dengan menyediakan kemampuan : 
 menangkap prospek dan data pelanggan 
 menyediakan informasi produk dan layanan 
 menentukan prospek pemasaran yang ditargetkan,
 penjadwalan dan  pelacakan surat pemasaran langsung atau e-mail 

Business value of Customer Relationship Management Systems 
Perusahaan dengan sistem CRM yang efektif menyadari banyak manfaat, termasuk meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya pemasaran langsung, pemasaran yang lebih efektif, dan biaya yang lebih rendah untuk akuisisi dan retensi pelanggan 

Selengkapnya klik terkait  Tujuan dan manfaat, Peluang dan Implementasi, Kegagalan Implementasi dan Cara menghindari kegagalan dalam implementasi yang akan dibahas secara terpisah.
-------------------
Daftar Pustaka 
Kenneth . C. Laudon (2004). Sistem Informasi Manajemen – Mengelola Perusahaan Digital, Kenneth c. laudon, Jane. p. laudon, Edisi 10, Penerbit:Salemba Empat

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: CRM (Customer Relationship Management)
CRM (Customer Relationship Management)
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/crm-customer-relationship-management.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/crm-customer-relationship-management.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy