Behavioral Finance : Optimism bias

Optimism bias adalah kecenderungan seseorang, melihat sesuatu cenderung optimis yang berlebihan dan tidak semestinya. Karena bias ini adala...

Optimism bias adalah kecenderungan seseorang, melihat sesuatu cenderung optimis yang berlebihan dan tidak semestinya. Karena bias ini adalah bias kognitif : cenderung pada daya pikir yang menyebabkan, mempertimbangkan. Judgment overconfidence merupakan alasan yang mendasari suatu keputusan. Jika bias emosi akan cenderung pada perasaan.Jadi saat pengambilan keputusan dapat menyebabkan overconfidence.
Optimis bukan hal buruk, namun investor juga harus tetap melihat risiko dari invetasinya. Optimis bisa terjadi karena home bias. Optimis itu baik, tapi terlalu optimis itu berdampak buruk. Menurut logika, overconfidence dulu baru bisa optimis.

Implust adalah  keinginan yang tiba-tiba. Mendasari sebuah keputusan.  Contoh : dari rumah pengennya beli saham PT.X ternyata setelah melihat pasar banyak orang membeli saham PT.Z akhirnya membeli saham PT.Z. Terlalu yakin pada diri sendiri menganggap dirinya lebih dibandingkan orang lain. Karena tidak ada second opini, maka dari itu harus mencari second opini.

Optimism bias , overconfidence bias dan illution of control bias biasanya satu kesatuan. Maka dari itu dalam penelitian, optimis dan overconfidence biasanya satu ukuran.
1. Optimism bias : terkait dengan merasa dapat mengendalikan hasil.
2. Overconfidence bias : terkait keputusan awal. Dari luar terlihat optimis. Karena terlalu optimis jadi overconfidence (tapi tidak semua overconfidence dari optimis), karena terlalu self interest dalam pengambilan keputusan.
3.  Illution of control bias : terkait , merasa dapat mengendalikan semua.
Jika dia terlalu yakin dengan keputusan maka over bias
Jika dia merasa bisa mengendalikan maka illution bias

Implikasi investor :
1. Optimism bias dapat menyebabkan investor berfikir bahwa investasi terbai adalah investasi pada perusahaannya sendiri atau tempat mereka bekerja.
2. Optimism bias dapat menyebabkan investor terlaly percaya pada keuntungan yang akan didapat.
3. Optimism bias dapat menyebabkan investor berfikir bahwa dia diatas investor yang lainnya.
4.Optimism bias dapat menyebabkan investor berinvestasi di wilayah geografis tertentu.
5.Optimism bias dapat menyebabkan investor memilih untuk mendapat berita baik tentang investasinya.

Saran :
1.  Investor perlu sadar bahwa tabungan dan investasi adalah tujuan keuangan jangka panjang. Terlalu optimis akan memperburuk keuangan.
2.   Alokasi portofolio investasi
3.   Potimis dapat mengaburkan manfaat dari disiplin investasi.
4.  Investor perlu menggunakan penasehat keuangan agar dapat mendapat keuntungan dari perilaku investasi yang rasional.
Penasehat keuangan dapat menggunakan “kekuatan lawan untuk melawan”, menggunakan investasi yang tidak dapat diacuhkan. (secara teori gampang, secara praktek sulit), terutama jika orang tersebut adalah orang yang berani mengambil risiko.
----------------
Daftar Pustaka 
Pompian, M. M. (2006). Behavioral Finance and Wealth Management. How to Build Optimal Portfolios That Account for Investor Biases, New Jersey.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Behavioral Finance : Optimism bias
Behavioral Finance : Optimism bias
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/behavioral-finance-optimism-bias.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/behavioral-finance-optimism-bias.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy