Behavioral Finance : Endowment bias

Endowment bias konsisten dengan teori ekonomi standar yang menyatakan bahwa ketersediaan seseorang untuk membayar harus sama dengan keters...

Endowment bias konsisten dengan teori ekonomi standar yang menyatakan bahwa ketersediaan seseorang untuk membayar harus sama dengan ketersediaan seseorang untuk menerima.
Efek warisan terjadi merasa sayang karena hal itu pemberian jadi diberi nilai lebih yang tidak rasional. Contoh : tanah bekas radio yang dibongkar di Surabaya. Yang menuntut merasa bangunan itu harus dilestarikan karena itu bangunan radio bung Tomo. Contoh : kolektor, dipelelangan keris harganya bisa melambung tinggi dan tidak masuk akal. Maka dari itu sering dimanfaatkan oleh orang lain untuk membuat pusaka atau keris palsu, ya karena ada nilai lebih.
Sekuritas dari warisan adalah efek warisan berpengaruh pada keengganan melepas dan mereka akan hold sekuritas tersebut. Karena jika menjual, akan ada perasaan tidak menghargai pemberian pemberi. Dianggap sebagai benda pusaka. Padahal jika sekuritas dijual dapat digunakan untuk investasi dibidang lain yang lebih menguntungkan.

Out of pocket cost adalah pengeluaran kas untuk membeli saham. Akan dibobot lebih, jadi lebih sayang dan manusia akan hold seseuatu yang dia rasa memiliki nilai lebih.
Opportunity cost adalah biaya yang tidak pasti, mengabaikan kesempatan yang ada.
Jika dikaitkan dengan ambiguity aversion, tidak menjual karena : ragu akan masa depan, perasaan karena warisan, membobot lebih dan home bias.

Terdapat 2 penyebab Endowment bias:
1.  Inherited securities
Keengganan menjual sekuritas warisan dari generasi sebelumnya. Investor merasa tidak setia jika harus menjual sekuritas tersebut.
2.  Purchased securities
Endowment bias dapat mempengaruhi nilai investor terhadap keamanan investasi yang baru dibelinya. Teori ekonomi rasional memprediksi bahwa ketersediaan membayar obligasi akan sama dengan penerimaan kompensasinya.
Banyak investor kesulitan membuat keputusan tentang penjualan sekuritas yang didapat dari warisan atau yang dibeli sendiri yang disebabkan oleh Endowment bias.

Implikasi bagi investor :
1. Endowment bias akan membuat investor memegang sekuritas yang telah diwariskan.
Perilaku ini sering terjadi karena ketakutan ahli waris untuk menjual karena menunjukkan ketidaksetiaan kepada generasi sebelumnya atau akan memicu konsekuensi pajak.
Saran : membujuk investor untuk menjualnya dan menunjukkan fakta-fakta peluang yang akan muncul jika menjualnya.
2. Endowment bias akan menyebabkan investor memegang sekuritas yang dibelinya sendiri.
Perilaku ini sering terjadi karena ketidak mampuan dalam mengambil keputusan.
Saran : penasehat keuangan dapat menanyakan motivasti investor ketika berinvestasi
3. Endowment bias dapat membuat investor mempertahankan sekuritas (diwariskan atau yang dibeli sendiri) dan tidak ingin menjualnya karena tidak mau menanggung biaya transaksi terkait jual beli.  Berkaitan dengan ambiguity aversion.
Saran : penasehta memberikan gambaran mengenai potensi keuntungana atau kerugian yang didapat ketika menjual disbanding mempertahakan karena faktor keamanan.
4. Endowment bias dapat menyebabkan investor memegang sekuritas karena mereka akrab dengan karakteristik investasi tersebut walaupun itu tidak rasional. Berkaitan dengan home bias.
Saran : merekomendasikan investasi yang cocok, walau mungkin kecil kemungkinannya investor akan mengambil tindakan sesuai yang direkomendasikan penasehat keuangan karena investor cenderung berinvestasi terhadap hal yang dianggap membuatnya nyaman. Investasi lainnya dianggap tidak akrab dan hal asing.
----------------
Daftar Pustaka 
Pompian, M. M. (2006). Behavioral Finance and Wealth Management. How to Build Optimal Portfolios That Account for Investor Biases, New Jersey.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Behavioral Finance : Endowment bias
Behavioral Finance : Endowment bias
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/behavioral-finance-endowment-bias.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/behavioral-finance-endowment-bias.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy