Behavioral Finance : Avaibility bias

Avaibility bias adalah keadaan seseorang yang akan memperkirakan keuntungan yang didapat dari investasi berdasarkan seberapa lazim hal ters...

Avaibility bias adalah keadaan seseorang yang akan memperkirakan keuntungan yang didapat dari investasi berdasarkan seberapa lazim hal tersebut muncul dalam kehidupan. Seseorang memperkirakan kemungkinan kejadian dari tingkat kemudahan ingatan, yang ada dipikiran kita.

Contoh : Takut naik pesawat terbang karena lebih mudah dibayangkan jatuhnya pesawat. Fakta : kecelakaan pesawat jarang terjadi tapi sering dipublikasi saat terjadinya. Padahal kecelakaan motor sering terjadi dan jarang diberitakan. Maka dari itu perusahaan sering iklan agar dapat diingat.

Contoh dalam investasi : saham-saham bagus yang katanya LG45, padahal saham-saham itu adalah saham aktif bukan saham yang bagus untuk investasi.

Kini data besar dan penggunaan teknologi diperusahaan bursa, 70% dilakukan dengan computer bukan manusia untuk mengetahui pola. 30% tentang pengambilan keputusan ditangan manusia. Jadi manusia dalam pengambilan keputusan juga harus hati-hati.


Terdapat beberapa kategori dalam availability bias dan implikasi pada investor

1. Retrievability : ketika investor diminta memilih perusahaan untuk investasi, investor akan memilih perusahaan periklanan. Karena lebih mudah diingat dan lebih banyak informasi yang tersedia.
2. Kategorisasi : kebanyakan orang amerika, jika diminta untuk menentukan satu negara untuk investasi yang terbaik, orang amerika akan memilih negara mereka sendiri. Mereka tidak mau pergi dari amerika, karena mereka menganggap dunia terbaik adalah amerika, investasi terbaik adalah amerika, padahal tidak begitu.
3. Rentang pengalaman yang sempit : jika karyawan perusahaan IT diminta menjawab “perusahaan mana yang terbaik dalam investasi?” mereka akan menjawab perusahaan IT.
Seseorang tidak mau membuka diri, kekeh dengan apa yang kita tahu.
4. Resonansi : seseorang menyukai investasi yang mereka rasa cocok dengan kepribadiannya. Investor mungkin tidak mengindahkan kebijakan menyeimbangkan nilai asset.

Saran adalah cari berbagai infomasi dan metode.
· Investor perlu meneliti dan merenungkan keputusan investasinya.
· Fokus pada hasil jangka panjang
· Penting untuk mempertimbangkan dampak dari aturan praktik ketersediaan
· Banyak informasi yang diterima tidak akurat dan didasarkan pada informasi yang tidak tercukupi. Informasi bisa kadaluarsa atau membingungkan
· Investor sebaiknya tidak mengabaikan fakta bahwa investor sering kekurangan pelatihan, pengalaman dan objektivitas untuk menyaring informasi yang banyak di media. Investor cenderung lebih percaya diri untuk mendapat informasi yang lebih akurat.
· Bias ini sering di kaitkan dengan update informasi.
----------------
Daftar Pustaka 
Pompian, M. M. (2006). Behavioral Finance and Wealth Management. How to Build Optimal Portfolios That Account for Investor Biases, New Jersey.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Behavioral Finance : Avaibility bias
Behavioral Finance : Avaibility bias
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/behavioral-finance-avaibility-bias.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/behavioral-finance-avaibility-bias.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy