Earnings Multiples dan Relative Valuation Techniques

Analsisi fundamental yang sering digunakan dalam penilaian saham adalah discounted cash flow techniques, earnings multiples, dan relative v...

Analsisi fundamental yang sering digunakan dalam penilaian saham adalah discounted cash flow techniques, earnings multiples, dan relative valuation techniques yang akan dibahas secara terpisah.

Earning Multiple Approach
Teknik discounted cash flow  sulit digunakan, perbedaan kecil input akan menghasilkan perbedaan besar dalam perkiraan nilai instrinsik, dan dengan mudah akan menyebabkan kesalahan dalam menentukan apakah saham undervalued atau overvalued.
Jika berbicara saham, sering teringat dengan EPS (Laba per saham) dan rasio P/E.
Rasio P/E dihitung dengan membagi harga pasar saham saat ini dengan pendapatan 12 bln terakhir.
Invesor dapat membuat perkiraan EPS tahun depan dengan menerapkan rasio P/E yang sesuai dengan jumlah pendapatan untuk memperkirakan nilai intrinsik, dengan asumsi tingkat pertumbuhan kontan.

Relative valuation metrics
Selain memperkirakan nilai saat ini atau nilai masa depan suatau saham. Investor dapat melakukan analisis komparatif sebagai panduan dalam memilih saham.
The Price/Earnings Ratio
Semakin tinggi rasio P/E semakin tinggi ekspektasi pasar tentang pertumbuhan laba masa depan. Ratio P/E digunakan untuk membandingkan perusahaan di industri yang sama atau perusahaan untuk pasar secara keseluruhan.
Rasio P/E yang lebih tinggi untuk perusahaan yang diperkirakan penghasilannya tumbuh pesat.
Price/Book Value
Nilai biku, nilai ekuitas perusahaan tercermin pada laporan keuangan. Pengukuran biasanya dengan biaya perolehannya. Jika rasio = 1 maka harga pasar = nilai buku. Jika rasio < 1 maka harga < nilai buku.
Price/ Sales Ratio (PSR)
Rasio P/E menjadi masalah ketika perusahaan tidak ada penghasilan (penghasilan tidak menentu).
Rasio dihitung dengan membagi harga saham dengan pendapatan per-saham selama empat kuartal terakhir. rata-rata PSR adalah 1 untuk semua perusahaan.
Economic Value Added
Teknik untuk mengevaluasi saham adalah dengan menghitung nilai tambah ekonomi atau EVA. Penggunaan EVA untuk memilih saham yang tepat untuk ditahan. Rekomendasi bagi investor adalah mencari perusahaan dengan pengembalian modal lebih dari 20%.

Pendekatan mana yang digunakan?
Secara teori pendekatan discounted cash flow techniques adalah yang benar dan logis. Secara konseptual, estimasi terbaik dari nilai aset, saham perusahaan adalah nilai sekarang (perkiraan) dari arus kas yang dihasilkan perusahaan. Namun, tidak akan ada model yang dapat memperkirakan deviden dimasa depan secara akurat. Setiap model atau pendekatang yang digunakan membutuhkan perkiraan masa depan yang tidak pasti.
------------------
Daftar Pustaka 
Jones, Charles P., 2013, Investment, 12th Edition, John Wiley & Son. Chapter 10.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Earnings Multiples dan Relative Valuation Techniques
Earnings Multiples dan Relative Valuation Techniques
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/analsisi-fundamental-yang-sering.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/07/analsisi-fundamental-yang-sering.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy