Pusat Pertanggungjawaban

Pusat pertanggungjawaban merupakan organisasi yang dipimpin oleh manajer yang bertanggung jawab terhadap aktifitas yang dilakukan. Perusaha...

Pusat pertanggungjawaban merupakan organisasi yang dipimpin oleh manajer yang bertanggung jawab terhadap aktifitas yang dilakukan. Perusahaan merupakan sekumpulan pusat-pusat tanggung jawab yang masing-masing diwakili oleh bagan organisasi yang membentuk suatu hierarki. Perusahaan secara keseluruhan merupakan pusat pertanggungjawaban meskipun berkenaan dengan unit-unit dalam perusahaan. Dalam pengertian pusat pertanggungjawaban akan membahas karakteristik, hubungan antara input dan output, efisiensi dan efektifitas serta perananan laba. Jenis pertanggungjawaban, pengendalian, pusat administratif dan pendukung, pusat penelitian dan pengembanan serta pusat pemasaran akan ditulis secara terpisah.

Karakteristik pusat pertanggungjawaban
Pusat pertanggungjawaban ada untuk mewujudkan cita-cita suatu perusahaan, sehingga manajemen akan menentukan strategi untuk mencapai cita-cita tersebut. Perusahaan akan mengimplementasikan strategi tersebut karena setiap organisasi merupakan sekumpulan pusat pertanggungjawaban maka setiap pusat pertanggungjawaban akan memenuhi tujuannya, sehingga cita-cita organisasi tersebut akan tercapai.

Hubungan antara input dan output
Manajemen bertangggung jawab untuk memastikan hubungan yang optimal antara input dan output. Hubungan antara input dan output ada 2, yaitu:
1.  Hubungan yang bersifat timbal balik langsung
Apabila input secara langsung berkaitan dengan output yang dihasilkan. Misalnya di departemen produksi, input bahan baku menjadi bagian fisik dari barang jadi, sehingga penggunaan input yang dibutuhkan minimum untuk memproduksi output yang menurut spesifikasi dan standar mutu yang benar, tepat waktu, dan sesuai dengan jumlah yang diminta.
2. Hubungan yang bersifat timbal balik tidak langsung
Apabila input tidak secara langsung berkaitan dengan output yang dihasilkan. Misalnya biaya periklanan adalah input yang ditujukan untuk meningkatkan hasil penjualan, namun karena penjualan juga dipengaruhi oleh faktor lain maka kaitan antara biaya iklan dengan penjualan jarang dapat ditunjukkan.

Mengukur input dan output
Input yang digunakan oleh pusat pertanggungjawaban dapat dinyatakan dalam ukuran fisik seperti jam kerja, liter minyak, dan kwh listrik. Nilai uang dari input dihitung dengan mengalikan kuantitas fisik dengan harga per unit ( jam kerja x tarif per jam ). Jumlah moneter yang dihasilkan dari perhitungan tersebut disebut sebagai biaya. Biaya adalah suatu ukuran moneter dari jumlah sumber daya yang digunakan oleh suatu pusat pertanggungjawaban.
Output yang digunakan oleh pusat pertanggungjawaban sukar untuk dihitung. Misalnya, pendapatan per tahun merupakan alat ukur penting atas output suatu organisasi yang berorientasi pada laba, tetapi angka tersebut tidak menyatakan seluruh kinerja organisasi selama tahun tersebut.

Efisiensi dan efektifitas
Efisiensi adalah rasio output terhadap input, atau jumlah output per unit input. Efisiensi diukur dengan cara membandingkan biaya aktual dengan standar, dimana biaya-biaya tersebut harus dinyatakan dalam output yang diukur. Namun metode ini mempunyai 2 kelemahan, yaitu:
1.  Biaya yang dicatat bukanlah tolok ukur atas sumber daya yang sebenarnya digunakan
2. Standar pada hakikatnya merupakan perkiraan tentang apa yang idealnya harus tercapai dalam kondisi yang ada
Efektifitas adalah hubungan antara output yang dihasilkan oleh suatu pusat pertanggungjawaban dengan tujuannya. Semakin besar output yang dikontribusikan terhadap tujuan, maka semakin efektiflah unit tersebut.
Efisiensi dan efektifitas berkaitan satu sama lain, dimana organisasi harus mencapai tujuannya dengan cara yang optimal. Pusat pertanggungjawaban akan bersifat efisien jika melakukan sesuatu dengan tepat dan akan bersifat efektif jika melakukan hal-hal yang tepat.

Peranan laba
Perusahaan mempunyai tujuan utama untuk memperoleh laba yang memuaskan, dimana laba merupakan selisih antara pendapatan dan biaya. Laba juga menjadi ukuran efisiensi maupun efektifitas yang saling berkaitan.
-------------------------
Daftar Pustaka
Anthony, Robert N. and Vijay Govindarajaan. Management Control System, 11th Ed. Irwin: Mc Graw Hill, 2005 

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pusat Pertanggungjawaban
Pusat Pertanggungjawaban
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pusat-pertanggungjawaban.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pusat-pertanggungjawaban.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy