Pusat Penelitian dan Pengembangan

Pengendalian terhadap pusat penelitian dan pengembangan memiliki beberapa permasalahan, yaitu: 1. Kesulitan menghubungkan antara input dan ...

Pengendalian terhadap pusat penelitian dan pengembangan memiliki beberapa permasalahan, yaitu: 1. Kesulitan menghubungkan antara input dan hasil
Hasil dari aktivitas pengembangan sangat sulit diukur kuantitasnya. Aktivitas administrasi dan aktivitas litbang mempunyai hasil berupa hak paten (berwujud paten), produk-produk baru, atau proses baru. Aktivitas ini sulit untuk dinilai antara input dan output, karena “produk” akhir litbang membutuhkan proses bertahun-tahun.
2. Kesulitan goal congruence
Masalah yang terjadi hampir sama dengan masalah pusat administrasi. Manajer penelitian menginginkan pencapaian yang terbaik, meskipun dengan biaya yang tinggi. Selain itu, sumber daya manusia yang bekerja di bidang penelitian tidak memiliki pengetahuan yang memadai untuk menentukan arah kebijakan.
3.Bersifat Berkelanjutan
Aktivitas-aktivitas yang dilakukan di pusat litbang memiliki hubungan antara proses awal dan proses akhir. Penelitian dasar memiliki ciri-ciri, sebagai berikut:
1. Tidak terencana
2.Tenggang waktu yang lama antara dimulainya penelitian dengan pengenalan produk baru yang berhasil.
Sistem pengendalian keuangan memiliki sedikit nilai dalam mengelola aktivitas-aktivitas penelitian dasar, maka prosedur-prosedur alternatif sering diterapkan. Namun, proyek yang melibatkan pengujian produk, memungkinkan untuk memperkirakan waktu dan kebutuhan keuangan. Ketika sebuah proyek bergerak dalam satu rangkaian kesatuan (penelitian dasar menuju terapan, ke pengembangan, ke rekayasa produksi, dan ke pengujian), maka biaya yang dihabiskan meningkat secara substansial.

Program Litbang
Program litbang terdiri dari serangkaian program ditambah kelonggaran untuk pekerjaan yang tidak direncanakan. Penentuan program litbang dilakukan oleh komite penelitian. Keputusan berupa proyek-proyek yang akan dikerjakan, dikembangkan, atau dihentikan. Keputusan yang diambil ditetapkan atas total pengeluaran penelitian dan dengan cara membagi aktivitas penelitian menjadi aktivitas yang lebih prioritas.

Anggaran Tahunan
Penyusunan anggaran akan memungkinkan manajemen untuk melihat proyek litbang tersebut layak untuk dikembangkan atau tidak. Proses penyusunan anggaran menjamin biaya aktualtidak melebihi jumlah yang dianggarkan tanpa sepengetahuan pihak manajemen. Selai itu, anggaran harus disetujui oleh pihak manajemen sebelum terjadi proyek penelitian.

Pengukuran Kinerja
Pengukuran kinerja yang biasa dilakukan oleh beberaba perusahaan dengan menyajikan laporan per bulan atau per kuartal. Selanjutnya, laporan aktual tersebut dibandingkan dengan anggaran dari semua pusat tanggung jawab dan seluruh proyek yang dijalankan.
Jenis-jenis laporan mengenai kegiatan litbang, yaitu:
Ø  Membandingkan prediksi terakhir mengenai total biaya dengan jumlah yang disetujui untuk masing-masing proyek.
Ø  Perbandingan antara pengeluaran yang dianggarkan dengan pengeluaran aktual dimasing-masing pusat tanggung jawab.
---------
Daftar Pustaka 
Anthony, Robert N. and Vijay Govindarajaan. Management Control System, 11th Ed. Irwin: Mc Graw Hill, 2005

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pusat Penelitian dan Pengembangan
Pusat Penelitian dan Pengembangan
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pusat-penelitian-dan-pengembangan.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pusat-penelitian-dan-pengembangan.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy