Pengendalian Pusat biaya

Pengendalian pusat biaya membahasn tentang penyusunan anggaran, varians biaya, pengendalian keuangan dan pengukuran kinerja.  A. Penyus...

Pengendalian pusat biaya membahasn tentang penyusunan anggaran, varians biaya, pengendalian keuangan dan pengukuran kinerja. 

A. Penyusunan anggaran
Manajemen menentukan anggaran operasi yang diajukan dapat mencerminkan biaya per unit dari pelaksanaan tugas secara efisien. Sehingga anggaran pusat biaya kebijakan akan menentukan besarnya pekerjaan yang harus diselesaikan. Pekerjaan yang harus dilakukan oleh pusat biaya kebijakan terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
    1. Pusat biaya kebijakan berkesinambungan
Pusat biaya kebijakan berkesinambungan adalah pekerjaan yang dilakukan secara                konsisten dari tahun ke tahun. Misalnya, pembuatan laporan keuangan oleh kontroler perusahaan.
     2. Pusat biaya kebijakan khusus
Pusat biaya kebijakan khusus adalah pekerjaan yang dilakukan secara proyek satu langkah. Misalnya, pengembangan penyusunan sistem pembuatan anggaran laba dalam sebuah divisi.
Suatu teknik yang sering digunakan dalam membuat anggaran untuk pusat biaya kebijakan disebut sebagai manajemen berdasarkan tujuan. Manajemen berdasarkan tujuan adalah suatu proses formal dimana pembuat anggaran mengusulkan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu dan menyarankan ukuran yang akan dipakai dalam evaluasi kinerja.

Fungsi perencanaan bagi pusat pengeluaran yang tidak direncanakan biasanya dijalankan dalam dua cara, yaitu:
     1. Anggaran inkremental
Penggunaan titik awal model ini menggunakan tingkat biaya sekarang dari pusat biaya kebijakan. Jumlah ini disesuaikan dengan tingkat inflasi, perubahan-perubahan beban pekerjaan yang diantisipasi, pekerjaan khusus, biaya dari berbagai pekerjaan yang dapat dibandingkan dalam unit-unit yang sama. Namun pembuatan anggaran inkremental mempunyai dua kekurangan, yaitu:
Tingkat pengeluaran yang ada dari pusat biaya kebijakan, diterima dan tidak dikaji ulang selama proses pembuatan anggaran
Para manajer pusat biaya ini biasanya ingin meningkatkan tingkat pelayanan dan dengan demikian cenderung meminta tambahan sumber daya
    2.  Tinjauan berdasarkan nol (zero base review)
Tinjauan berdasarkan nol merupakan pendekatan pembuatan anggaran untuk menganalisis seluruh pusat biaya kebijakan pada jadwal yang terus bergulir. Sehingga semuanya ditinjau setidaknya sekali setiap lima tahun. Tinjauan ini mencoba untuk memastikan dari nol sumber-sumber yang sebenarnya dibutuhkan untuk melaksanakan setiap aktivitas untuk setiap pusat biaya. Dengan harapan, biaya akan meningkat secara berangsur-angsur selama periode tersebut. Namun, tinjauan berdasarkan nol memakan waktu, sehingga perusahaan melakukan penundaan.

B. Variasi biaya
Biaya dalam pusat beban kebijakan cukup terlindungi dari fluktuasi jangka pendek. Hal ini berawal dari fakta bahwa dalam membuat anggaran untuk pusat beban kebijakan, para manajer cenderung untuk menyetujui perubahan yang terkait dengan perubahan volume penjualan yang diantisipasi-misalnya, mengizinkan untuk menambah tenaga kerja jika volume penjualan bergerak naik, dan untuk mengurangi tenaga kerja jika volume penjualan sedang menurun.
Selama masalah tenaga kerja dan segala biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja merupakan pos terbesar dan pusat beban kebijakan, maka anggaran tahunan untuk pusat beban tersebut akan cenderung untuk memiliki presentase yang tetap dari anggaran volume penjualan.

C. Jenis Pengendalian Keuangan
Pengendalian keuangan dalam pusat beban kebijakan sangat berbeda dengan pusat beban teknik. Di pusat beban teknik, sasarannya adalah menjadi kompetitif dalam biaya dengan cara menentukan standar dan mengukur biaya akrual terhadap standar tersebut. Sebaliknya, tujuan utama dari pusat beban kebijakan adalah untuk mengendalikan biaya dengan mengikut sertakan para manajer guna berperan serta dalam perencanaan, bersama-sama mendiskusikan langkah apa yang akan diambil, dan tingkat usaha yang bagaimana yang tepat untuk masing-masing.

D. Pengukuran Kinerja
Pekerjaan utama bagi seorang manajer pusat beban kebijakan adalah untuk mencapai output yang diinginkan. Membelanjakan suatu jumlah yang “sesuai dengan anggaran” untuk mengerjakan hal ini dianggap memuaskan; jumlah yang melebihi anggaran merupakan alasan untuk prihatin, sementara jumlah yang kurang dari anggaran akan mengindikasikan bahwa pekerjaan yang direncanakan belum selesai dilaksanakan. Dalam pusat beban kebijakan, sebagai lawan dan pusat beban teknik, laporan keuangan bukan merupakan suatu alat untuk mengevaluasi efisiensi dari seorang manajer.
-----------------
Daftar Pustaka 
Anthony, Robert N. and Vijay Govindarajaan. Management Control System, 11th Ed. Irwin: Mc Graw Hill, 2005

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pengendalian Pusat biaya
Pengendalian Pusat biaya
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pengendalian-pusat-biaya.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pengendalian-pusat-biaya.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy