Pengauditan pengantar

Audit adalah proses yang sistematis (terencana, terorganisir dan bertahap) untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif (objekti...

Audit adalah proses yang sistematis (terencana, terorganisir dan bertahap) untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif (objektif artinya bebas bias, tidak memihak, apa adanya dan netral) atas asersi tentang tindakan dan kebijakan ekonomi (asersi adalah pernyataan suatu pihak yang hendak diuji pihak independen) seusi dengan kriteria (standar akuntansi keuangan) dan mengkomunikasikan hasil kepada pihak manajemen.
Pengauditan didasarkan pada laporan keuangan beserta bukti-buktinnya. Tujuan proses audit adalah untuk meningkatkan nilai informasi melalui opini auditor.

Alasan mengapa audit itu penting?
Laporan keuangan yang salah bisa menyebabkan keputusan yang salah. Perlu diingat bahwa laporan keuangan digunakan untuk pengambilan keputusan oleh para penggunanya. Laporan keuangan bisa salah karena informasi laporan keuangan berasar dari manajemen. Laporan keuangan bisa saja bias dan terdapat banyak motivasi manajemen dalam penyusunan laporan keuangan.

Manfaat proses audit
Terdapat banyak manfaat audit, diantaranya :
a. Terbukanya akses ke pasar modal.
Kita ketahui bersama, jika perusahaan ingin melakukan IPO, laporan keuangan harus diaudit dan dilaporkan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
b. Biaya modal rendah.
Ketika perusahaan ingin mengajukan pinjaman pada bank akan lebih mudah jika laporan tersebut telah di audit, karena resiko nya akan lebih rendah untuk bank.
c. Peningkatan kredibilitas perusahaan
Laporan keuangan yang telah diaudit memiliki nilai lebih di mata investor atau kreditor.
d. Pencegahan terjadinya kekeliruan dan kecurangan.
Audit bukan untuk menemukan kecurangan melainkan audit dirancang agar kecurangan ditemukan.
e. Perbaikan dalam pengendalian dan operasional
Perbaikan pengendalian dan operasional didapat dari rekomendari auditor untuk perbaikan perusahaan.

Keterbatasan audit
Walaupun audtit memberikan banyak manfaat. Namun audit memiliki beberapa keterbatasan. Diantaranya adalah :  
a.       Jaminan audit positif bukan absolut
Audit tidak menjamin semua kecurangan ditemukan, karena audit berdasarkan sampel dan bukan populasi.
b.      Kebijakan akuntansi banyak dan hasilnya beragam
Terdapat banyak metode dalam akuntansi misalnya metode depresiasi dan persediaan. Perbedaan metode akan memberi hasil yang berbeda.
c.       Biaya dan waktu
Audit memerlukan banyak biaya. Biaya tergantung seberapa lama dan seberapa banyak proses audit dilakukan.
Contoh jika perusahaan perbankan, berapa puluh ribu cabang yang akan diaudit dan berapa buluh ribu transaksi yang diperiksa serta dokumen yang diperiksa, serta dibutuhkan berapa puluh ribu orang untuk memeriksa itu semua. Sehingga audit dilakukan berdasarkan sampel.

Pihak-pihak yang akan berinteraksi dengan auditor
a.       Manajemen
b.      Pihak-pihak yang bertanggungjawab tentang tata kelola. Misalnya dewan komisaris.
c.       Auditor internal
d.      Pemegang saham
-------------
Daftar Pustaka 
Jusuf, A. H. (2014). Auditing . Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN : Yogyakarta.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pengauditan pengantar
Pengauditan pengantar
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pengauditan-pengantar.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pengauditan-pengantar.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy