Pengantar Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro merupakan cabang ilmu yang membahas tentang perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan kuantitas faktor input, har...

Ilmu ekonomi mikro merupakan cabang ilmu yang membahas tentang perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan kuantitas faktor input, harga dan kuantitas barang dan jasa yang diperjual belikan.
Lain halnya ekonomi mikro, ada satu cabang ilmu lagi yang membahas tentang pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, sertas kebijakan- kebijakan ekonomi, yaitu ekonomi makro. Ekonomi makro ini membahas secara global lebih luas cakupan bahasannya. Di lihat dari pengertiannya, ekonomi mikro dan makro memang berbeda. Namun keduanya saling memiliki pengaruh terhadap satu sama lainnya. Pada dasarnya, perilaku konsumen ini di pengaruhi oleh beberapa hal salah satunya yaitu segmentasi pasar.


Pengertian Ekonomi Mikro
Lingkungan mikro adalah pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya.
Terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.

Supply atau Permintaan
Selain itu ekonomi mikro juga membahas tentang bagaimana hal diatas dapat mempengaruhi demand dan supply suatu barang dan jasa, dimana pengaruh tersebut akan mempengaruhi demand dan supply barang dan jasa selanjutnya.
Supply atau permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu.
Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan, antara lain:
1) Harga barang itu sendiri
2) Harga barang lain yang berkaitan
3) Tingkat pendapatan
4) Selera konsumen
5) Ekspetasi/Perkiraan

Demand atau penawaran
Demand atau penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu.
Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran, antara lain:
1) Harga barang itu sendiri
2) Harga sumber produksi
3) Tingkat produksi
4) Ekspektasi/Perkiraan

Lingkungan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro
Fokus ekonomi mikro adalah yang berada didalam garis merah. Organisasi merupakan sebuah sistem yang mempertimbangkan ancaman dari luar maupun dalam. Organisasi ini mempunyai sistem input dan menghasilkan output untuk nantinya dikonsumsi. Output ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Terdapat 4 elemen utama yaitu: input, tradisional proses dalam organisasi, otput dan konsumsi akhir dari output.
Sedang input dibagi menjadi 5 sesuai dengan fungsinya :
1.      Bahan
2.      Modal
3.      Manusia
4.      Mesin
5.      Manajemen
Input ini dipekerjakan karena masing-masing adalah sumber daya berharga untuk mencapai tujuan. Organisasi memang mempunyai tujuan yang berbeda, proses yang berbeda, sistem manajemen yang berbeda, stuktur yang berbeda dan metode operasional yang berbeda. Namun , setidaknya perusahaan harus memiliki 4 faktor yang dibutuhkan organisasi agar dapat berfungsi, yaitu:
1.      Manusia, manusia berada dibelakang semua kegiatan manusia.
2.      Tujuan, mempunyai dasar organisai dan tujuan untuk menentukan sistem perusahaan untuk mencapai tujuan.
3.      Stuktur, untuk mengkoordinasikan usaha
4.      Manajemen untuk mengkontrol jalannya perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan.
Sedang untuk elemen output dan konsumsi pada diagram terdapat garis menuju input, itu merupakan garis berkelanjutan yang terus menerus. Organisasi dibuat untuk berkelanjutan. Agar berkelanjutan organisasi perlu memastikan bahwa output akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan harus berhubungan dengan proposisi nilai pelanggan.

Kesimpulan
Teori ekonomi mikro berkisar pada prinsip-prinsip yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan seseorang konsumen maupun produsen, sehingga teori ekonomi memberikan manfaat untuk dapat merumuskan pemikiran-pemikiran yang dapat menjelaskan permasalahan-permasalahan yang ada. Dengan menggunakan teori ekonomi maka individu atau masyarakat dapat mengambil keputusan yang tepat dan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.
Ekonomi mikro juga membahas tentang pasar, permintaan pasar, elastisitas permintaan, penawaranpasar, keseimbangan pasar, analisis permintaan dan penawaran serta penetapan harga maksimal dan minimal yang semuanya akan dibahas secara terpisah
--------------------
Daftar Pustaka
ACCA. The Association of Chartered certified Accountants. 2013. Paper FI Accountant in Business. Singapore.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Pengantar Ekonomi Mikro
Pengantar Ekonomi Mikro
https://1.bp.blogspot.com/-G1yOUOWRKSo/XRSiDrMIjSI/AAAAAAAAKX0/w0vn6Z1FxkIV773jx27cpKwjY77lLy2YgCPcBGAYYCw/s640/2019-06-27_175706.png
https://1.bp.blogspot.com/-G1yOUOWRKSo/XRSiDrMIjSI/AAAAAAAAKX0/w0vn6Z1FxkIV773jx27cpKwjY77lLy2YgCPcBGAYYCw/s72-c/2019-06-27_175706.png
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pengantar-ekonomi-mikro.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/pengantar-ekonomi-mikro.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy