Macam-Macam Pasar

Pasar merupakan tempat  penjual menawarkan barang atau jasa kepada pembeli yang meminta barang atau jasa sehingga terjadi perpindahan hak m...

Pasar merupakan tempat  penjual menawarkan barang atau jasa kepada pembeli yang meminta barang atau jasa sehingga terjadi perpindahan hak milik. Adapun syarat-syarat terbentuknya pasar yang harus terpenuhi antara lain:
•         Terdapat penjual dan pembeli
•         Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
•         Terjadinya kesepakatan atau tawar menawar antara penjual dan pembeli

Fungsi pasar
Pasar berperan penting dalam suatu sistem ekonomi. Terdapat 5 fungsi utama pasar dan setiap fungsi mengandung pertanyaan dasar ekonomi yaitu what, how, and for whom. Fungsi pasar tersebut yaitu:
1.      Pasar menentukan harga barang
2.      Pasar dapat mengorganisi produksi
3.      Pasar mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan
4.      Pasar melakukan penjatahan
5.      Pasar menyediakan barang dan jasa untuk masa yang akan datang.

Jenis-jenis pasar
Kita mengenal 2 jenis pasar, yaitu :
a. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition)
Pasar persaingan sempurna adalah bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dengan jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas. Pasar sempurna jarang ditemui, atau hampir di seluruh dunia jarang menemukan pasar sempurna.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain:
Terdapat banyak sekali penjual (perusahaan) dan pembeli.
Produk-produk homogen bebas keluar masuk pasar
Penjual maupun pembeli bebas untuk keluar masuk pasar, tidak ada aturan tertentu yang membatasi hal tersebut
Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna.
Faktor-faktor produksi bergerak bebas
b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang karena pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna antara lain:

1.      Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah interaksi antara permintaan dan penawaran hanya ada satu penjual di pasar yang berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli. Monopoli terjadi karena di pasar terdapat faktor-faktor yang menghambat (barrier to entry) yang mencegah penjualpenjual lain untuk memasuki pasar tersebut. Ada dua jenis faktor penghambat, yaitu penghambat teknis dan penghambat legal. Faktor penghambat teknis terjadi pada penjual yang mampu menghasilkan produk dengan cara-cara yang inovatif. Sedangkan faktor penghambat legal terjadi apabila penjual tunggal menghasilkan dan menjual produk dengan pemberian hak monopoli oleh pemerintah untuk menghasilkan dan menjual produk tersebut. Contoh pasar monopoli adalah PLN. Pasar monopoli mempunyai ciri-ciri seperti berikut : 
Di dalam pasar terdapat satu penjual
Jenis barang yang diproduksi tidak ada penggantinya yang mirip.
Ada hambatan bagi perusahaan baru yang akan masuk dalam pasar monopoli
Penjual tunggal tidak dipengaruhi dan tidak memengaruhi harga serta output dari produk-produk lain yang dijual dalam perekonomian.
Promosi iklan kurang diperlukan.

 2. Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah interaksi permintaan dengan penawaran dengan beberapa penjual yang menguasai seluruh permintaan pasar. Contoh pasar oligopoli adalah pasar pulsa, hanya ada beberapa perusahan penyedia pulsa yaitu, telkomsel, indosat, dan xl.
Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut:
Terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar.
Barang yang diperjualbelikan homogen dan berbeda corak.
Adanya halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
Satu di antara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar.

3. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Pasar monopolistik ini terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda coraknya. Contoh pasar monopolistik adalah pasar kendaraan bermotor.
Ciri-ciri pasar monopolistik adalah sebagai berikut:
Terdapat banyak penjual di pasar
Barang yang diperjualbelikan merupakan produk yang berbeda
Para penjual memiliki kekuatan monopolis atas barang produksinya sendiri. Oleh karena itu, harus memperhitungkan persaingan dengan barang-barang lain yang sama, tetapi berbeda corak.
Untuk memenangkan persaingan, setiap penjual aktif melakukan promosi iklan.
Keluar masuk pasar relatif mudah dibandingkan dengan pasar oligopoli.
Jumlah perusahaan sangat kecil dibandingkan dengan output total.
--------------------
Daftar Pustaka
ACCA. The Association of Chartered certified Accountants. 2013. Paper FI Accountant in Business. Singapore.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Macam-Macam Pasar
Macam-Macam Pasar
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/macam-macam-pasar.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/macam-macam-pasar.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy