Laporan Keuangan

Laporan keuangan disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan. Standar akuntansi keuangan mengatur tentang pengakuan, pengukuran dan pengu...

Laporan keuangan disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan. Standar akuntansi keuangan mengatur tentang pengakuan, pengukuran dan pengungkapan transaksi dan peristiwa.

Karakteristik Laoran Keuangan

Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok, yaitu:

1.      Dapat dipahami, informasi akan bermanfaat bagi pengguna akuntansi bila dapat dipaham. Untuk dapat memahami dengan baik suatu laporan keuangan, pengguna laporan keuangan harus memahami aktivitas ekonomi dan bisnis.

2.      Relevan, informasi yang bermanfaat haruslah relevan bagi pengguna dalam pengambilan keputusan. Informasi memiliki kualitas relevan jika informasi tersebut mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai.

3.      Keandalan, informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus andal. Informasi dikatakan andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material dan dapat diandalkan pemakainya. Agar informasi dapat diandalkan perlu memahami beberapa persyaratan yaitu: penyajian jujur, suabstansi mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan sehat dan kelengkapan.

4.      Dapat dibandingkan, agar informasi dapat secara efektif berguna dalam pengambilan keputusan, harus dapat dibandingkan dengan antar periode dan antar entitas. Perbandingan antar periode laporan keuangan dapat memberikan gambaran tentang perkembangan atau tren keuangan ataupun kinerja perusahaan, sehingga dapat membrikan gambaran tentang prospek masa depan. Sedangkan perbandingan antar entitas akan memberikan masukan yang berguna bagi calon investor dalam menentukan pilihan investasi yang akan dilakukan.


Komponen laporan keuangan

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan komponen dari laporan keuangan adalah:

1.      Laporan posisi keuangan yang berisikan informasi tentang posisi keuangan, yaitu keadaan asset, liabiltas dan ekuitas suatu entitas pada tanggal tertentu.

2.      Laporan laba rugi komprehensif yang melaporkan kinerja perusahaan selama satu periode tertentu.

3.      Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan dari perubahan ekuitas selama satu periode tertentu.

4.      Laporan arus kas yang menjelaskan perubahan saldo kas dan setara kas pada awal dan akhir periode, rincian arus kas masuk dan keluar suatu entitas selama suatu periode tertentu.

5.      Catatan atas laporan keuangan yang memberikan penjelasan tambahan atas rincian unsure-unsur laporan keuangan, laporan laba rugi komprehensif, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, atau penjelasan yang bersifat kualitatif, agar laporan keuangan lebih transparan dan tidak menyesatkan.

6.      Selain laporan keuangan perusahaan juga harus menyampaikan laporan tahunan yang berisikan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Pengguna Laporan Keuangan 

pengguna laporan keuangan maupun laporan tahunan adalah:

1.      Investor atau pemegang saham, para investor membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah membeli, menaan atau menjual investasinya karena informasi tersebut berkeitan dengan risiko yang melekat dari investasinya. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar deviden.

2.      Pemasok dan kreditur usaha, informasi keuangan digunakan untuk menentukan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.

3.      Pemberi pinjaman, informasi keuangan memungkinkan pemberi pinjaman untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar saat jatuh tempo.

4.      Pelanggan, pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan, terutama yang terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan perusahaan.

5.      Pemerintah dan lembaga lainnya, berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan aktivitas perusahaan. Informasi yang dibutuhkan adalah informasi yang berkaitan dengan penetapan kebijakan pajak.

6.      Masyarakat, laporan keuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi tentang tren atas perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta serangkaian aktivitasnya.

7.      Manajemen perusahaan, informasi keuangan akan membantu manajemen dalam melaksanakan tanggung jawab perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.

----------------------------
Daftar Pustaka
Hans Kartikahadi, R. U. (2016). Akuntansi keuangan Berdasarkan SAk berbasis IFRS Buku 1 . Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia.






COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Laporan Keuangan
Laporan Keuangan
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/laporan-keuangan.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/laporan-keuangan.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy