Konsep Biaya dalam Akuntansi Manajemen

Biaya merupakan harga yang disepakati oleh pihak-pihak yang bertransaksi ketika transaksi terjadi. Biaya merupakan pengukur semua elemen la...

Biaya merupakan harga yang disepakati oleh pihak-pihak yang bertransaksi ketika transaksi terjadi. Biaya merupakan pengukur semua elemen laporan keuangan berbasis historis. Informasi Biaya dalam pengambilan keputusan sangat penting. Cost atau kos biasa disebut biaya. Beban biasa disebut expense.



Klasifikasi Biaya

Biaya dapat diklasifikasikan menjadi :



Biaya berdasar Fungsi perusahaan
Perusahaan membagi kegiatan berdasar fungsi-fungsi pokok yaitu:
1.  Fungsi produksi : bertugas dan bertanggungjawab untuk memproduksi barang dengan kualitas tertentu.
Biaya produksi : terdiri dari Biaya bahan baku, Biaya tenaga kerja langsung dan Biaya overhead.
2.  Fungsi non produksi : fungsi komersil yang terdiri dari fungsi administrasi (kegiatan akuntansi, personalia, penggajian) dan fungsi pemasaran (iklan, promosi, penjualan, dan menentukan saluran distribusi).
Biaya administrasi : Biaya gaji eksekutif, Biaya bahan pakai habis.
Biaya pemasaran : Biaya iklan, Biaya gaji pramuniaga, Biaya angkut barang.


Biaya berdasar Periode Penandingan
Akuntansi keuangan menggunakan konsep proper matching cost against revenues. Agar penandingan Biaya dan pendapatan wajar, maka Biaya dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Biaya Produk : Biaya ini ditandingkan  dengan pendapatan pada periode penjualan produk. Jika barang sudah terjual maka Biaya yang melekat bisa diakui sebagai biaya.
2. Biaya Periode  : Biaya ini diakui sebagai biaya pada periode terjadinya, Biaya ini tidak digunakan untuk memperoleh barang/jasa yang akan dijual.


Biaya berdasar Penelusuran
Klasifikasi Biaya berdasar dapat ditelusurinya ke objek Biaya. Objek Biaya adalah sasaran Biaya. Dapat berupa produk, departemen  atau kegiatan.
Jika objek nya merupakan produk maka dikenal dengan penelusuran biaya secara langsung.
Jika objek nya merupakan departemen maka dikenal dengan penelusuran biaya secara tidak langsung.
Penelusuran biaya secara tidak langsung artinya biaya tidak dapat ditelusur ke objek secara individual, maka pembebanan nya disebut dengan pengalokasian.

Biaya berdasar Perubahan Volume Kegiatan
Ditinjau dari perubahan volume kegiatan, biaya dibagi menjadi 2 yaitu : biaya tetap dan biaya variabel.
1.  Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap dan tidak akan berubah dalam periode tertentu.
Contohnya : biata sewa gedung.
2.  Biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya berubah sesuai dengan volume kegiatan.
Contohnya : jika perusahaan memproduksi 100 produk dan 1000 produk , maka jumlah biaya bahan baku yang dipakai berbeda.

Biaya berdasarkan Pengendalian Manajer
Dilihat dai pengendalian manajer, biaya dapat dibagi menjadi biaya yang dikendalikan dan biaya yang tidak dapat dikendalikan. Ini berkaitan dengan jenjang managemen.
Biaya yang dikendalikan adalah biaya yang secara signifikan dikendalikan dan dapat dipengaruhi oleh manajer. Biaya tidak dapat dikendalikan adalah biaya yang signifikan tidak dapat dikendalikan dan dipengaruhi manajer.
Contoh nya adalah : perusahaan ingin memperluas lini usahanya. Perluasan bisnis adalah keputusan manajer tingkat atas. Maka biaya tersebut menjadi kendali dari manjer tingkat atas namun menjadi biaya tak terkendali bagi manajer tingkat bawah.

Biaya berdasarkan Pengambilan keputusan
Bardasarkan pengambilan keputusan yang akan diambil oleh manajer. Biaya dibagi menjadi 3:
1. Biaya relevan (relevant cost) : biaya yang akan terjadi di masa yang akan datang dan berbeda di berbagai alternatif keputusan. Contoh : biaya bersifat variabel.
2. Biaya tak relevan  (irrelevant cost) : biaya yang sudah terjadi (terjadi dimasa lampau) dan tidak berbeda di berbagai alternatif keputusan . contoh : biaya-biaya yang bersifat tetap
3. Biaya tak terhindarkan (unavoidable cost) : biaya yang dapat dihindarkan jika satu alternatif keputusan diambil.


Biaya berdasarkan Dampak Keputusan

1.   Sunk cost adalah biaya yang telah dikeluarkan dan yang tidak dapat diubah oleh keputusan sekarang atau masa yang akan datang. Kos ini tidak akan relevan dalam pengambilan keputusan.
2.    Out-of-pocket cost adalah kos yang membutuhkan pengeluaran kas dimasa yang akan datang akibat keputusan sekarang atau keputusan yang akan datang. Contohnya perusahaan yang sedang memperluas lini usahanya.

Biaya Kesempatan
Opportunity cost atau biaya kesempatan adalah manfaat potensial yang hilang atau dikorbankan karena diipilihnya satu alternatif keputusan lain.
Manfaat potensialnya dapat berupa revenue, laba bersih atau penghematan kos. Biaya ini tidak muncul dibuku besar dan hanya ada dalam pengertian ekonomik.
-------------------------------------
Daftar Pustaka
Sugiri, S. (2009). Akuntansi Manajemen Sebuah Pengantar. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Konsep Biaya dalam Akuntansi Manajemen
Konsep Biaya dalam Akuntansi Manajemen
https://1.bp.blogspot.com/-l04G6SS2f1E/XRGVAb6WUeI/AAAAAAAAKWo/W8lwyNrUV2wzSenGvOF7IJaZWgltH4kCgCPcBGAYYCw/s400/2019-06-25_102844.png
https://1.bp.blogspot.com/-l04G6SS2f1E/XRGVAb6WUeI/AAAAAAAAKWo/W8lwyNrUV2wzSenGvOF7IJaZWgltH4kCgCPcBGAYYCw/s72-c/2019-06-25_102844.png
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/konsep-biaya-dalam-akuntansi-manajemen.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/konsep-biaya-dalam-akuntansi-manajemen.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy