Kecurangan dalam laporan keuangan

Kecurangan atau fraud dalam audit adalah kesalahan yang memang sengaja dilakukan oleh manajemen. Pelaku kecurangan pasti berusaha menutupi ...

Kecurangan atau fraud dalam audit adalah kesalahan yang memang sengaja dilakukan oleh manajemen. Pelaku kecurangan pasti berusaha menutupi apa yang dilakukannya. Maka dari itu auditor harus skeptis dalam segala hal. Skeptis dapat diartikan tidak mudah percaya, selalu ingin tahu, selalu mempertanyakan, selalu waspada dan kritis.

Terdapat 2 jenis kecungan, yaitu :
a. Kecurangan dalam pelaporan
Kecurangan dalam laporan keuangan untuk memenuhi tujuan tertentu, tujuan tersebut tergantung motif dari manajemen. Terdapat 2 motif yang sering menajdi dasar kecurangan dalam laporan keuangan.
Pertama adalah efisien, laporan keuangan diatur untuk tujuan perusahaan. Misalnya untuk memenuhi syarat peminjaman bank.
Kedua adalah oportunis, laporan keuangan diatur untuk tujuan pribadi. Misalnya untuk mendapat bonus lebih, agar target tercapai atau untuk kenaikan jabatan.
b. Curang dalam salah satu unsur
Misalnya hanya curang pada aset, menyalahgunakan aset dengan cara mencuri kas atau membawa pulang persediaan perusahaan.  
           
Faktor yang mempengaruhi kecurangan ada 3, dan ini saling berkaitan. Yaitu :
a. Tekanan/ dorongan
Tekanan terjadi karena ada pemicu. Contohnya adalah kebutuhan uang atau anak minta bayar spp mendesak.
b. Kesempatan
Kesempatan karena ada peluang. Misalnya box kas tidak dikunci, sistem pengendalian internal lemah 
c. Karena ada pembenaran
Pembenaran bahwa kecurangan itu rasional dilakukan. Misalnya karyawan ditarget tinggi namun gaji rendah. Sehingga ada pembenaran untuk mencuri kas perusahaan.

Respon auditor atas kecurangan
Jika auditor menemukan kecurangan atau indikasi kecurangan, jangan langsung diberitahukan ke manajer tingkat atas, karena bisa saja manajer tingkat atas bekerjasama untuk melakukan kecurangan dengan manajer tingkat bawah. Auditor harus memastikan bahwa kecurangan dilakukan oleh satu pihak saja. Setelah auditor telah mendapat kepastian auditor bisa meminta pandangan kepada manajemen tingkat atas.
Terdapat 3 respon atas kecurangan, yaitu :
a.  Respon keseluruhan
Auditor melihat indikasi curang, auditor menugasi seseorang yang memiliki keahlian tertentu, untuk membantu auditor dalam menemukan kecurangan.
b. Respon merancang dan mengaudit kesalahan penyajian karena curang
Jika ada indikasi curang, auditor harus memilih saat -sifat dan luas , yang tidak bisa diprediksi oleh seseorang yang melakukan kecurangan.
Auditor tidak boleh menggunakan prosedur biasanya, auditor harus membuat rancangan prosedur lain agar kecurangan ditemukan.
c.  Respon merancang dan mengaudit tentang pengendalian yang diabaikan
Auditor harus mempertimbangkan tentang sistem pengendalian internal yang diabaikan atau tidak dijalankan. Karena kecurangan bisa terjadi karena tidak efektif nya sistem pengendalian internal.
---------------------
Daftar Pustaka 
Jusuf, A. H. (2014). Auditing . Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN : Yogyakarta.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Kecurangan dalam laporan keuangan
Kecurangan dalam laporan keuangan
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/kecurangan-dalam-laporan-keuangan.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/kecurangan-dalam-laporan-keuangan.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy