Jenis-Jenis Pusat Pertanggungjawaban

Pusat pertanggungjawaban terdiri dari 4 jenis yaitu pusat biaya, pusat pendapatan, pusat laba dan pusat investasi. Dalam postingan kali ini...

Pusat pertanggungjawaban terdiri dari 4 jenis yaitu pusat biaya, pusat pendapatan, pusat laba dan pusat investasi. Dalam postingan kali ini akan membahas secara singkat masing masing pusat pertanggungjawaban.

A.    Pusat biaya
Pusat biaya adalah pusat pertanggungjawaban yang inputnya diukur secara moneter, namun outputnya tidak. Ada dua jenis pusat biaya, yaitu:
1.        Pusat biaya teknik

Pusat biaya teknik adalah biaya-biaya yang jumlahnya secara tepat dan memadai dapat diestimasikan dengan keandalan yang wajar.
Pusat biaya teknik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a) Inputnya dapat diukur secara moneter
b) Inputnya dapat diukur secara fisik
c) Jumlah dolar optimum dan input yang dibutuhkan untuk memproduksi satu unit output dapat ditentukan
Pusat biaya teknik biasanya ditemukan dalam operasi manufaktur seperti pergudangan, distribusi, pengiriman dengan truk, dan unit-unit serupa dalam organisasi pemasaran. Di suatu pusat biaya teknik ditekankan bahwa jenis maupun volume produksinya ditentukan dan standar kualitasnya ditetapkan, sehingga biaya produksi tidak ditekan dengan mengorbankan mutu produk.dengan demikian, pusat biaya teknik ini mengacu pada pusat pertanggungjawaban dimana biaya-biaya teknik paling banyak ditemukan.
2.   Pusat biaya kebijakan

Pusat biaya kebijakan terdiri atas unit-unit administratif dan pendukung (seperti akuntansi, hukum, hubungan industrial, hubungan masyarakat, SDM), operasi litbang, dan aktivitas pemasaran. Output dari pusat biaya tidak bisa diukur secara moneter.
Berdasar bagan diatas di dalam pusat biaya kebijakan, selisih antara anggaran dan biaya yang sesungguhnya bukanlah ukuran efisien. Yang artinya, bahwa hal tersebut merupakan selisih antara input yang dianggarkan dan input sesungguhnya, serta tidak mencakup nilai output.

B.     Pusat pendapatan

Pusat pendapatan merupakan suatu output (yaitu pendapatan) diukur secara moneter, namun tidak ada upaya formal yang dilakukan untuk mengaitkan input (yaitu biaya atau beban) dengan output.
Pada umumnya, pusat pendapatan merupakan unit pemasaran/penjualan yang tidak memiliki wewenang untuk menetapkan harga jual dan tidak bertanggung jawab atas harga pokok penjualan dari barang-barang yang mereka pasarkan.

C.     Pusat laba

Pusat laba merupakan pusat pertanggungjawaban dimana kinerja finansialnya diukur dalam ruang lingkup laba, yaitu selisih antara pendapatan dan pengeluaran.
Laba merupakan ukuran kinerja yang berguna karena laba memungkinkan pihak manajemen senior dapat menggunakan satu indikator yang komprehensif dibandingkan harus menggunakan beberapa indikator. Keberadaan suatu pusat laba akan relevan ketika perencanaan dan pengendalian laba mengaku kepada pengukuran unit masukan dan keluaran dari pusat laba yang bersangkutan.

D.    Pusat investasi

Pusat investasi merupakan pusat pertanggungjawaban yang hasil kerjanya diukur berdasarkan laba dan jumlah investasinya.
Pengukuran kinerja pusat investasi merupakan perluasan dari pengukuran kinerja pusat laba. Pengukuran kinerja ini diperlukan karena suatu divisi yang memperoleh laba tinggi tidak berarti mempunyai kinerja yang baik jika laba tersebut dihubungkan dengan investasi yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.
-----------------
Daftar Pustaka
Anthony, Robert N dan Vijay Govindarajan.2009. Management Control System. Edisi 11 Buku 1.Jakarta:Salemba Empat

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Jenis-Jenis Pusat Pertanggungjawaban
Jenis-Jenis Pusat Pertanggungjawaban
https://1.bp.blogspot.com/-uH1l9wyxPIs/XRmZ4VWRclI/AAAAAAAAKaw/vDZNrkEXnLMIRGL66ZLScDEOMSgmJNI3gCPcBGAYYCw/s1600/2019-07-01_112810.png
https://1.bp.blogspot.com/-uH1l9wyxPIs/XRmZ4VWRclI/AAAAAAAAKaw/vDZNrkEXnLMIRGL66ZLScDEOMSgmJNI3gCPcBGAYYCw/s72-c/2019-07-01_112810.png
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/jenis-jenis-pusat-pertanggungjawaban.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/jenis-jenis-pusat-pertanggungjawaban.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy