Jenis-jenis Opini audit sesuai dengan SPAP

Terdapat beberapa macam opini dalam audit menurut SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik). Opini auditor berdasarkan kebenaran dan keakur...

Terdapat beberapa macam opini dalam audit menurut SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik). Opini auditor berdasarkan kebenaran dan keakuratan laporan keuangan yang dibuat manajemen. Ingat, tanggungjawab auditor adalah terkait opininya. Sedangkan laporan keuangan merupakan tanggungjawab manajemen.

Opini auditor dikeluarkan oleh auditor independen. Auditor akan memerika apakah laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia.

Terdapat 5 opini audit, yaitu :
a.       Wajar tanpa pengecualian (unqualified)
Opini muncul ketika semua hal yang material di laporan ekaungan disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang ditetapkan IAI dan tidak ada pembatan audit (tidak ada upaya manajer untuk menghalang-halangi proses audit).
b.      Wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan (modified unqualified)  
Opini ini terjadi pada saat auditor harus menambah paragraf tertentu karena belum ada atau belum jelasnya aturan sehingga menyimpang dari standar akuntansi yang telah ditetapkan IAI.
c.       Wajar dengan pengecualian (qualified)
Ada bagian tertentu yang material dalam laporan keuangan yang tidak disajikan sesuai dengan standar akuntansi (jumlahnya tidak pervasif atau tidak signifikan), namun ada bukti tidak wajar. Tidak semua hanya sebagian. Atau jika bukti yang didapati kurang cukup.
Ketika ada unsur tertentu dalam laporan keuangan yang tidak didapatkan buktinya (jumlahnya tidak pervasif).
d.      Tidak wajar (adverse)
Ada bagian terentu dalam laporan keuangan yang tidak disajikan sesuai dengan kerangka dan jumlahnya pervasif.
e.       Tidak memberi pendapat (disclaimer)
Ada unsur dalam laporan keuangan yang tidak didapatkan buktinya dan jumlahnya perpasif. Atau ada upaya manajer untuk menghalang-halangi proses audit, sehingga auditor tidak dapat melaksanan proses audit. Auditor harus memebrikan penjelasan tentang pembatasan tersebut dalam opininya.
Opini ini sangat penting karena akan memberikan banyak manfaat pada perusahaan diantaranya akses ke pasar modal, kredibilitas, peningkatan pengendalian dan pengelolaan perusahaan.
-----------------
Daftar Pustaka 
Jusuf, A. H. (2014). Auditing . Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN : Yogyakarta.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Jenis-jenis Opini audit sesuai dengan SPAP
Jenis-jenis Opini audit sesuai dengan SPAP
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/jenis-jenis-opini-audit-sesuai-dengan.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/jenis-jenis-opini-audit-sesuai-dengan.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy