Ekonomi dan Sistem Ekonomi

Ekonomi berasal dari bahasa yunani yang bermakna pengelolaan (Capra,2002). Dengan pengelolaan rumah tangga dapat memperoleh dan menghasilka...

Ekonomi berasal dari bahasa yunani yang bermakna pengelolaan (Capra,2002). Dengan pengelolaan rumah tangga dapat memperoleh dan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup anggota rumah tangganya. Ilmu ekonomi telah menanamkan paradigma tentang hakikat manusia sebagai berikut;
1. Manusia sebagai makhluk ekonom:
2. Manusia mempunyai kebutuhan tak terbatas
3. Dalam upaya merealisasikan kebutuhan manusia bertindak rasional.

Dampak paradigma ini adalah:
1. Tujuan manusia hanya mengejar kekayaan materi dan melupakan kekayaan spiritual.
2. Manusia cenderung hanya mempunyai pikiran rasional saja dan mengabaikan adanya potensi kesadaran transedental (kesadaran spiritual, kekuatan tidak terbatas atau Tuhan) yang memiliki manusia.
3. Mengajarkan bahwa sifat manusia adalah serakah

Sistem adalah suatu jaringan tersendiri dari berbagai unsur untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem ekonomi adalah jaringan yang terdiri dari berbagai unsure pola piker, konsep, teori, asumsi dasar, kebijakan, intrastruktur, institusi, seperangkat hukum, pemmerintah, Negara, rakyat dan unsure terkait lainnya yang semuanya bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat. Terdapat beberapa  sistem yang berkembang yaitu:
1. Sistem Ekonomi Komunis
Tujuan sistem komunis adalah memeratakan kemakmuran masyarakat dan menghilangkan eksploitasi manusia (majikan) terhadap manusia lainnya (buruh). Paha mini berpengaruh pada abat ke-20an. Sistem ini berkembang di negaraUni soviet serta sekutunya dan RRC di Asia.
Kegagalan sistem konumis disebabkan oleh:
Sistem ekonomi komunis didasarkan atas hakikat manusia yang tak utuh.
Dalam sistem komunis alat produksi dan kekayaan individu tidak diakui. 
Produktivitas tenaga kerja sangat rendah karena rakyat yang bekerja untuk Negara tidak termotivasi untuk giat
Keadaan perekonomian negara negara blok komunis semakin memburuk karena pemborosan kekayaan negara.
2. Sistem Ekonomi Kapitalis
Perekonomian negara negara barat dan jepang menganut sistem ekonomi kapitalis jauh lebih berkembang pesat jauh dibandingkan negara negara komunis. Sistem ekonomi kapitalis yang berkembang di negara-negara barat telah melahirkan perusahaan-perusahaan multinasional dengan ciri-ciri berikut:
Kekayaan mereka sudah demikian besar bahkan melewati pendapatan pendapatan negara berkembang.
Kekuasaan para pemiliknya telah melewati batas-batas wilayah suatu negara.
Akibat sistem ekonomi capital dirasakan sebagai berikut.
Terjadi pemanasan global dan kerusakan lingkungan dibumi akibat kerakusan para pemilik modal yang didukung aparat pemerintah.
Terjadi ketidakadilan distribusi kekayaan.
Ancaman kekerasan, konflik antarnegara, kemiskinan, dan pengangguran semakin meluas. 
Korupsi, kejahatan kerah putih dan penyalahgunaan kekuasaan untuk mengejar kekayaan pribadi.
Penyalahgunaan obat-obat terlarang, perjudian, seks bebas, pembunuhan, perampokan, pencurian dan tindakan amoral lainnya.
Gaya hidup modern yang boros dan terlalu konsumtif.
Munculnya tanda-tanda tekanan mental dan psikologis seperti seks, tindakan bunuh diri, anarkis masal, dan kasus sejenis semakin meluas.
3. Sistem Ekonomi Pancasila
Sistem ekonomi pancasila mencoba memadukan hal gal positif terdapat pada kedua sistem ekonomi komunis dan kapitalis. Ciri keadilan dan kebersamaan pada sistem ekonomi pancasila diambil dari sistem ekonomi komunis sedang cirri hak dan kebebasan individu diambil dari sistem ekonomi kapitalis yang ditambah dengan cirri ketiga yaitu kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Secara konseptual bangsa Indonesia menerapkan sistem ini lebih baik diabnding sistem ekonomi komunis dan kapitalis ternyata masih mempunyai masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan. Karena realitanya Indonesia dibangun berdasarkan asas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).
--------------------
Daftar Pustaka
ACCA. The Association of Chartered certified Accountants. 2013. Paper FI Accountant in Business. Singapore.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Ekonomi dan Sistem Ekonomi
Ekonomi dan Sistem Ekonomi
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/ekonomi-dan-sistem-ekonomi.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/ekonomi-dan-sistem-ekonomi.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy