Bukti Audit

Bukti adalah informasi yang mendukung. Bukti audit adalah informasi yang mendukung opini audit. Bukti bisa berupa lisan, tertulis, dokumen,...

Bukti adalah informasi yang mendukung. Bukti audit adalah informasi yang mendukung opini audit. Bukti bisa berupa lisan, tertulis, dokumen, file, catatan dan lain-lain.
Bukti bisa dari dalam dan luar perusahaan. Contoh bukti dari dalam perusahaan adalah penjualan, penerimaan kas dan pembayaran gaji. Sedang contoh bukti dari luar adalah konfirmasi piutang, atau pengeluaran kas. Bukti dari ahli, misalnya pengacara.
Bukti bisa saja mendukung dan bisa pula bertentangan dengan aserti.
Bukti dipengaruhi oleh tindakan manajemen. Semakin banyak tindakan manajemen, semakin banyak pula bukti yang seharusnya ada. Bukti yang harus diperoleh auditor harus cukup (kuantitas) dan tepat (kualitas).

Bukti yang Tepat
Bukti yang tepat artinya handal dan relevan. Bukti yang relevan artinya bukti sesuai dengan tujuan pembuktian. Sedangkan bukti yang handal artinya dapat dipercaya. Kepercayaan bukti muncul jika pembuat bukti independen, Sistem Pengendalian Internal efektif, auditor memiliki pengetauan secara langsung maupun tidak langsung, pemberi bukti qualified, bukti objektif, bukti tepat waktu dan bukti utuh tidak robek maupun berupa fotocopy.

Contoh dari Relevan adalah :
Jika tujuan proses audit memeriksa untuk keberadaan/kelengkapan tanah, manajemen membuktikan dengan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan artinya relevansi rendah. Namun, jika manajemen menunjukkan sertifikat tanah, maka relevansi tinggi. Bukti bayar Pajak Bumi dan Bangunan bukan tanda bukti kepemilikan tanah walaupun terdapat nama, alamat dan luas tanah serta bangunan dalam bukti bayar pajak tersebut.

Contoh dari Reliabilitas adalah :
Semakin independen pembuat bukti maka bukti akan semakin handal (bukti dari eksternal atau pihak luar perusahaan biasanya lebih handal, karena lebih independen). Jika sistem informasi perusahaan berjalan secara efektif maka akan didapatkan bukti handal. Jika bukti robek atau berupa fotocopy, maka bukti tidak handal. Sehingga, independensi pembuat, efektifitas sampai dengan kesuaian tujuan berkorelasi positif.

Bukti yang cukup
Bukti yang cukup artinya kuantitas (jumlah) harus cukup. Jumlah bukti akan dipengaruhi oleh heterogenitas atau homogenitas bukti, nilai rupiah dalam akun, populasi, risiko selama proses audit, biaya dan waktu proses audit serta materialitas yang ditentukan.


Contohnya adalah :
Jika bukti heterogen maka terdapat penjualan tunai, kredit dan debit. Sehingga membutuhkan banyak bukti. Sehingga heterogenitas dan bukti bersifat positif.
Sedangkan jika perusahaan homogen, maka hanya terdapat satu transaksi. Misalnya hanya tunai saja. Sehingga membutuhkan bukti yang sedikit, sehingga hubungan heterogenitas dan bukti adalah berkorelasi negatif.
-------------------
Daftar Pustaka 
Jusuf, A. H. (2014). Auditing . Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN : Yogyakarta.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Keuangan,15,Akuntansi Manajemen,15,Aplikasi Akuntansi,1,Ekonomi,6,Keperilakuan,24,Manajemen Keuangan,2,Perpajakan,7,Sistem Informasi Akuntansi,1,Sistem Informasi Manajemen,4,Teori Akuntansi,11,Teori Investasi dan Pasar Modal,12,
ltr
item
Info Akuntansi: Bukti Audit
Bukti Audit
https://1.bp.blogspot.com/-Z2K4Te46Y0o/XRQxAeUfu7I/AAAAAAAAKXk/lCkyJgIv574CIrHbWwAKfaTUKwnwBA9kACPcBGAYYCw/s400/2019-06-27_095806.png
https://1.bp.blogspot.com/-Z2K4Te46Y0o/XRQxAeUfu7I/AAAAAAAAKXk/lCkyJgIv574CIrHbWwAKfaTUKwnwBA9kACPcBGAYYCw/s72-c/2019-06-27_095806.png
Info Akuntansi
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/bukti-audit.html
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/
https://www.infoakuntansi.id/2019/06/bukti-audit.html
true
566536763226980104
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy